PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Siti Sulhiyati SDN 6 Praya

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.816

Keywords:

Teams Game Tournament (TGT), Hasil belajar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament TGT pada pembelajaran IPA. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan pada tahap prasiklus diketahui bahwa dari 26 siswa hanya terdapat 6 siswa yang lulus atau mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus pertama mengalami peningkatan yakni  dari 26 siswa terdapat 17 siswa yang lulus atau mencapai nilai KKM, selanjutnya pada siklus kedua yang mencapai KKM  sebanyak  21 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD.

 

Abstract: The purpose of this study was to improve the learning outcomes of fifth grade elementary school students through the application of cooperative learning methods of the TGT Team Tournament type to science learning. The research design used in classroom action research (CAR). The results showed that in the pre-cycle stage, it was found that out of 26 students there were only 6 students who passed or reached the minimum completeness criteria (KKM), in the first cycle there were 26 students who passed or reached the KKM score, then in the second cycle who reached KKM as many as 21 students. Thus it can be concluded that through the application of the TGT cooperative learning model can improve the learning outcomes of fifth grade elementary school students.

References

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aris, shoimin. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

AsepdanHaris, Abdul. (2008). Evaluasi Pembelajarannya. Yogyakarta: Multi Pressindo

B. Uno, Hamzah. (2007). Pembelajaran Menciptakan proses belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyatidan Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Erman Suherman. (2001). Pembelajaran IPA Kontemporer. Bandung: JICA.

Endang Mulyatiningsih. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: BumiAksara.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kurdi, Syuaebdan Abdul Aziz, Wahab. (2006). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta. CV

Lexy J. Moleong. (2005). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Rosdakarya

M. NgalimPurwanto. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudjiono, Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta

Slameto, 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, E. Robert. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sudjana, N. (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja RosdaKarya.

Susianha. (2009). Pembelajaran Aktif Dengan Praktikum Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Online).

Tabrani Rusyan. (2000). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, Tri. (2013). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri I Giritirto Kecamatan Karanggayam Tahun Ajaran 2012/2013. Solo: Universitas Negeri Solo.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles