PERBANDINGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA ANTARA MADRASAH NEGERI DENGAN SISWA MADRASAH SWASTA

Authors

  • Rina Mariani Pascasarjana UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v8i1.82

Keywords:

Kemampuan Literasi, Madrasah Negeri, Madrasah Swasta

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan literasi matematika siswa madrasah negeri dan swasta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta di kota Mataram, sedangkan sampelnya adalah MAN 2 Mataram dan MA NW Mataram. Metode pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa madrasah negeri dengan swasta berbeda, dimana kemampuan literasi matematika siswa madrasah negeri lebih unggul dibandingkan dengan madrasah swasta baik itu dalam penalaran matematis dan representasi matematis.

Abstract:  This study aims to determine the ratio of literacy skills of madrasah students and private state. The method used in this research is a quantitative research method with the type of comparative causal research. Population in this research is all State and Private Madrasah Aliyah in town of Mataram, while the sample is MAN 2 Mataram and MA NW Mataram. Sampling method used in this research is purposive sampling technique. The results of this study indicate that the ability of math literacy of public madrasah students with private is different, where the ability of math literacy of madrasah public students is superior compared to private madrasah both in mathematical reasoning and mathematical representation.

Downloads

Published

2018-01-27

Issue

Section

Articles