PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDIO ANIMASI DENGAN APLIKASI ADOBE AFTER EFFECT KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Reinita Reinita Universitas Negeri Padang
  • Afnela Fitria Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.9021

Keywords:

Media, Adobe After Effect, Vidio animasi

Abstract

Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan penggunaan media video animadi adobe after effect dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model 4-D fase-fase definisi, desain, pengembangan dan penyebaran. Media dinyatakan efektif setelah uji validitas dikonfirmasi dari hasil persentase nilai integritas siswa di SDN 16 Air Tawar Timur 90% dalam kategori tinggi) dan SDN 26 Air Tawar Timur 85 % termasuk kategori tinggi, dan SDN 09 Air Tawar Barat termasuk kategori tinggi dengan 92%.

Abstract:  This study aims to determine the level of effectiveness of using Adobe After Effects animation video media in the learning process. This study was developed using a 4-D model of definition, design, development and deployment phases. The media was declared effective after the validity test was confirmed from the results of the percentage of students' integrity scores at SDN 16 Air Tawar Timur (90% in the high category) and SDN 26 Air Tawar Timur 85% is in the high category, and SDN 09 Air Tawar Barat is in the high category with 92 %.

Author Biographies

Reinita Reinita, Universitas Negeri Padang

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Afnela Fitria, Universitas Negeri Padang

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Abdillah, A., Suhaedi, S., & Andriani, A. (2018). Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Life Skills Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Kelas Viii Smp Negeri 4 Mataram Tahun Pelajaran 2013/2014. Paedagoria | FKIP UMMat, 6(2), 56. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v6i2.172

Adiah’Miftahussa. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Media Pembelajaran. Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13, 54–59. https://doi.org/10.31764

Atieka, T. A., & Budiana, I. (2022). Kemandirian Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Google Classroom DI SMAN 7 TANGERANG. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13, 15–20. https://doi.org/: 10.31764

Aulia, V., & Yamin, M. (2020). Students’activities In Integrated Thematic Textbooks For Primary School To Meet 21st Century Skills. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan …, 11, 273–282. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/2617

Ayu, G., Mitha, P., Dewi, K., Luh, N., Ning, P., & Putri, S. (2020). Aplikasi Augmented Reality Pada Buku Cerita Bilingual “ the Shrimp and the Crab .†Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 163–171. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria Prefix

Devi, A., Kartini, H., & B. Anggit, W. (2020). Efektivitas Penerapan Suplemen Berbasis Kontekstual Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 12–19. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1795

Fisna, B. (2018). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Tema 2 Kegemaranku Pada Siswa Kelas 1 SD NEGERI Otak Desa Melalui Penerapan Pendekatan Matematika Realistik. Paedagoria | FKIP UMMat, 9(2), 101–108.

Ginting, L. B., Kartini, H., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Lembar Kersa Siswa (Lks) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Lorena. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 75–86. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.299

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Media Pembelajaran Abad 21 : Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar pembelajaran sesuai konteks pembelajaran abad 21 . Teknologi hanya terjadi untuk m encapai tujuan pembelajaran efe. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35.

Hughes, R. (2008). desain penelitian pengembangan (R&D). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.

Kemendikbud.(2016).Permendikbud No 020 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta:kemendikbud.

Mandailina, V., Al Musthafa, S., & Pramita, D. (2018). Kombinasi Media Delphi Dan Geogebra Dalam Pembelajaran Dimensi Tiga. Paedagoria | FKIP UMMat, 7(2), 65. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v7i2.32

Nizaar, M. (2015). Metode Belajar Demonstrasi Dan Eksperimen Dalam Matapelajaran Sains SEKOLAH DASAR ( SD ). Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 28–32.

Nofrida, R. dan. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Adobe Flash CS6 Berbasis VCT Reportase untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 2778–2785.

Putera, D. B. R. A., & Nazarullail, F. (2020). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Indikator Alami Asam Basa Pada Anak Paud. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 213–219.

Rachmat1, Z. B. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Selama Masa Pandemik Covid-19 DI SMPN 12 KOTA KENDARI Rachmat1,. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13, 27–34. https://doi.org/DOI: 10.31764

Reinita, Waldi, A., Putri, M. E., & Setyaningsih, T. (2018). Pelatihan Media Berbasis ADOBE FLASH CS6 Dengan Pendekatan Value ClarificationTechnique. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 61–68. http://jipteks.ppj.unp.ac.id/index.php/ipteks/article/view/28/26

Rifdah, & Cahya, E. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis siswa smp dengan menggunakan modified eliciting activities. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356(2), 87–92. https://doi.org/10.31764

Saputri, L. H., & Lestari, W. (2021). Video: Evaluation Media of Dance Practise Learning in the Era of Covid-19 Pandemic. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 27–32. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

Trisnadewi, K., Brahma, A. A. G. R. W., & Monny, M. O. E. (2020). Pemanfaatan Cartoon Story Maker, Sebuah Teknologi Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Menulis Bahasa Inggris. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 179–187. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/2487

Downloads

Published

2022-09-04

Issue

Section

Articles