UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN POKOK BAHASAN TOKOH-TOKOH BPUPKI DAN PPKI SISWA KELAS VI SD DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.914Keywords:
Hasil Belajar, Mind Mapping.Abstract
Abstrak: Mind mapping adalah cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah yang akan memetakan pikiran. Mind Mapping menuntut anak kreatif dan efektif dalam proses pemetaan pikiran melalui warna dan gambar yang dituangkan dalam sebuah mind mapping. Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) adalah salah satu dari strategi pembelajaran yang mengupayakan seorang peserta didik menggali ide-ide kreatif dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada pokok bahasan Tokoh-tokoh BPUPKI dan PPKI siswa kelas VI SDN Surabaya dengan menggunakan metode Mind Mapping.
Adapun Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDN Surabaya. Adapun Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Surabaya semester ganjil yang berjumlah 32 orang siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi Tokoh-tokoh BPUPKI dan PPKI Kelas VI SDN Surabaya. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil belajar siswa pada tahap Prasiklus , Siklus I, dan Siklus II mengalami kenaikan hasil belajar. Pada tahap prasiklus yaitu dari 32 siswa diperoleh data bahwa terdapat 21 siswa atau 66% anak yang memperoleh nilai kurang dari KKM 75 dan 11 siswa atau 34% anak yang nilainya lebih dari KKM 75 dengan nilai rata-rata sebesar 67.81, Selanjutnya siklus I dari 32 siswa diperoleh data bahwa terdapat 15 atau 47% anak yang memperoleh nilai kurang dari KKM 75 dan 17 atau 53% anak yang nilainya lebih dari KKM 75 dengan nilai rata-rata sebesar 75.31, dan pada siklus II dari 32 siswa diperoleh data bahwa terdapat 6 siswa atau 19% yang memperoleh nilai kurang dari KKM 75 atau tidak lulus dan 26 siswa atau 81% anak yang nilainya lebih dari KKM 75 dengan nilai rata-rata sebesar 80.15.
Â
Abstract:. Mind mapping is a creative, effective and literally way of recording that will map the mind. Mind Mapping requires creative and effective children in the process of mind mapping through color and images as outlined in a mind mapping. Mind Mapping is one of the learning strategies that seeks a student to explore creative ideas and be active in participating in learning activities. This study aims to determine the application of mind mapping methods can improve Civics learning outcomes on the subject of Figures BPUPKI and PPKI students of class VI SDN Surabaya using the Mind Mapping method. The research is classroom action research. The research was conducted in class VI of SDN Surabaya. The subjects of this study were students of class VI SDN Surabaya odd semester totaling 32 students. Based on the results of the study showed that the application of the Mind Mapping Method can improve Civics learning outcomes in the material of Class VI BPUPKI and PPKI Figures in Surabaya Elementary School. This is indicated by student learning outcomes at the Pre-cycle stage, Cycle I, and Cycle II experiencing an increase in learning outcomes. In the pre-cycle stage, 32 students obtained data that there were 21 students or 66% of children who obtained less scores than KKM 75 and 11 students or 34% of children whose grades were more than KKM 75 with an average value of 67.81, then cycle I of 32 students obtained data that there were 15 or 47% of children who obtained less scores from KKM 75 and 17 or 53% of children whose grades were more than KKM 75 with an average value of 75.31, and in cycle II data from 32 students obtained data that there were 6 students or 19% who received less scores than KKM 75 or did not pass and 26 students or 81% of children whose grades were more than 75 KKM with an average score of 80.15.References
Abas. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode mind mapp di SDN Koleang 03. Karya Tulis Ilmiah tidak diterbitkan. Bogor: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Sudjana, Nana. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.
Nasih, Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah. (2009). Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama. Bandung: PT RefikaAditama.
Alamsyah, M. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Dengan Mind Mapping. Yogyakarta: Mitra Belajar.
Ali, Muhammad. (2007). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algesindo.
Aqib, Z. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Suparman, Atwi. (1997). Model-model Pembelajaran Interaktif. Jakarta: STIA-LAN
Buzan, Tony. (2008). Mind Map Untuk Anak. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Hadi, Sutarto. (2003). Pendidikan Realistik: Menjadikan Pelajaran Matematika Lebih Bermakna bagi Siswa. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Hudojo, Herman. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.
Hernawan, Asep Herry, dkk (2008). Materi Pokok Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Alamsyah, Maurizal. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Dengan Mind Mapping. Yogyakarta: Mitra Pelajar.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Paulus Lilik Kristanto. (2009). Prinsip dan Praktek PAK Penuntun bagi Mahasiswa Teologi dan PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama dan keluarga Kristen. Yogyakarta : Andi Offset.
Poerwadarminta, W.J.S. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Slameto, (2002). Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (1995). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. (1997). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Buzan, Tony. (2008). Mind Map untuk Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.