KEMAMPUAN MENCERITAKAN BERBAGAI PENGALAMAN DENGAN PILIHAN KATA DAN EKSPRESI YANG TEPAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.9704Keywords:
Ability, storytelling, experience.Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan objektif tentang kemampuan siswa menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat siswa kelas 5 SDN 1 Cakranegara. Metode penelitian adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 1 Cakranegara tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 26 orang siswa. Dalam mengumpulkan data, metode yang digunakan adalah metode tugas dan metode observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kemampuan individual dan kelompok/kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 0% memiliki kemampuan tinggi memiliki kemampuan sedang 15,39%, dan 84,61% orang memiliki kemampuan rendah dari 26 orang siswa sebagai sampel. Rata-rata kelompok (M) dan indeks prestasi kelompok (IPK) sebesar 28,11. Jadi kemampuan menceritakan berbagai pengalaman pribadi dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat, siswa kelas 5 SDN 1 Cakranegara tahun pelajaran 2021/2022 dalam katagori rendah.
Abstract: The purpose of this study is to get a clear and objective picture of students' ability to tell various experiences with the right choice of words and expressions for grade 5 students of SDN 1 Cakranegara. The research method is a descriptive research method with a quantitative approach. The subjects in this study were grade 5 students of SDN 1 Cakranegara for the 2021/2022 academic year, totaling 26 students. In collecting data, the methods used are the task method and the observation method. The data analysis method used is a quantitative descriptive method to determine the abilities of individuals and groups / classes. The results of this study showed that 0% had high ability had medium ability 15.39%, and 84.61% of people had low ability from 26 students as a sample. The average group (M) and group achievement index (GPA) were 28.11. Â So the ability to tell various personal experiences with the right choice of words and expressions, grade 5 students of SDN 1 Cakranegara for the 2021/2022 academic year in the low category.
References
Adelina, M. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1279
Astriyanti, Kurnia Dian (2011), Peningkatan Kemampuan Menceritakan Isi Cerita dengan Membaca Komik.
Bactiar. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdiknas
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2005. Metodik Khusus Pengembangan Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta
Fachrurrazi, A. (2012). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa dan Karakter Peserta Didik Usia Dini. Pelangi Bahasa Dan Nusantara || Keberadaan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kancah Internasional, 236–245.
Gutara, M. Y., Rangka, I. B., & Prasetyaningtyas, W. E. (2017). Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Bagi Siswa. JURNAL FOKUS KONSELING, 3(2), 138. https://doi.org/10.26638/jfk.407.2099
Huda, M., Rahmawati, A., & Putri, E. N. (2021). Mengkonstruksi Keterampilan Sebagai Pembawa Acara Pada Pengurus PKK Desa Karangrejo Kabupaten Karanganyar. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5), 506. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i5.6308
Iman, S., Fatha, M., & Juliyana, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Permainan Role-Playing Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Alim | Journal of Islamic Education, 3(1), 105–118. https://doi.org/10.51275/alim.v3i1.205
Indah, S. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Manajemen Tools, 9(1), 41–52.
Indriastuti, F. (2016). Pengembangan Model Media Audio Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 73. https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i1.182
Irnawarida. 2014. Kemampuan Bercerita Menggunakan Media Gambar yang Bertemakan Lingkungan pada Siswa Kelas V SDN 2 Bengkel Tahun Pelajaran 2013/2014.
Joko Sukoyo, Sumaarlan, S. S. (2013). Hubungan Antara PenguasaanTingkat Tutur dan Sikap Ekstovert Dengan keterampilan Berbicara Krama Alus Mahasiswa program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semaran. Jurnal Pendidikan Bahasa Dana Sastra, 1(1), 97–107.
Khariani, C., & Nasution, W. N. A. (2018). Hubungan penguasaan diksi dengan keterampilan berbicara di depan kelas siswa kelas x. Komunitas Bahasa, 6(2), 98–103.
Kuncoro, A. (2017). Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1547
Purwadarminta. 1984. Kamus bahasa indonesia. Jakarta
Mukhlis, M., Ulfiyani, S., & Mualafina, R. F. (2017). Implementasi Metode Bermain Peran Profesional dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Individual Mahasiswa Progdi PBSI Universitas PGRI Semarang. DEIKSIS, 9(01), 58. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.1122
Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Utami, D., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh Penguasaan Kalimat Efektif dan Kosakata terhadap Keterampilan Berbicara. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(01), 30. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3511
Untari, Pradina Nur. 2014. Kemampuan Menceritakan Kembali isi Cerita pada Anak Kelompok A di Gugus 2 Kecamatan Keretek Bantul.
Winata Putra, udin.S dkk. 2008. Materi dan pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.