PENGEMBANGAN E-MODUL GEOMETRI BERBASIS BUDAYA SASAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR DARING SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.9707Keywords:
E-Module, Geometry, Sasak culture, online learning resourcesAbstract
Abstrak: Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mendapatkan e-modul Geometri Berbasis Budaya Sasak. Sedangkan tujuan khususnya untuk mengetahui Bagaimana kevalidan media tersebut digunakan sebagai Sumber Belajar Daring Siswa SD. Desain penelitian ini menggunakan Borg and Gall. Adapun bentuk data yang digunakan merupakan bentuk data kuantitatif yang dilakukan dengan lembar angket validasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) e-modul yang dibuat berupa link berbentuk online mencangkup materi geometri khusus bangun datar persegi, persegi panjang dan segitiga dengan mengeksplorasi unsur geometri pada bangunan adat di desa sade Lombok Tengah (2) e-modul berbasis budaya sasak yang dikembangkan memperoleh data kevalidan dari validator ahli media dan materi, serta praktisi, dengan rata-rata nlai 94%, sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul geometri berbasis budaya sasak yang telah didikembangkan sudah valid dan dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar daring.
Abstract:The general objective of the research is to obtain an e-module on Geometry Based on Sasak Culture. While the specific purpose is to find out how the validity of the media is used as an online learning resource for elementary school students. This research design uses Borg and Gall. The form of data used is a form of quantitative data which is carried out with a validation questionnaire sheet. The results of the study show that: (1) the e-module made in the form of an online link includes special geometry material for square, rectangular and triangular shapes by exploring the elements of geometric in traditional buildings in the village of Sade, Central Lombok (2) e-modules based on Sasak culture The developed data obtained validity data from media and materials expert validators, as well as practitioners, with an average value of 94%, so it can be concluded that the Sasak culture-based geometry e-module that has been developed is valid and can be used by students as online learning resources.
References
Akbar, M., Nizaar, M., Fujiaturrahman, S., Haifaturrahmah, H., & Sari, N. (2022). Keefektifan Media Audio Visual Berbasis Etnosains Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 2, 17–23.
Darmayanti, N. W. S., Haifaturrahmah, H., Utami, L. S., & Sabaryati, J. (2020). Keefektifan Buku Panduan Praktikum IPA Terpadu SMP Berpendekatan Saintifik Dengan Berorientasi Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram, 1(1), 28–31.
Darmayanti, N. W. S., Wijaya, I. K. M. W. B., & Haifaturrahmah, H. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Bidang Studi IPA Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Praktikum Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 139–143.
Daryanto, D. (2013). Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan media e-modul mata pelajaran produktif pokok bahasan “instalasi jaringan lan (local area network)†untuk siswa kelas xi jurusan teknik komputer jaringan di smk nengeri 1 labang bangkalan madura. Jurnal Unesa, 1(01), 1–9.
Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.
INTAN, D. W. I. H. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara. Jurnal Elemen, 7(2), 324–335.
Julaifah, N., & Haifaturrahmah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 44–48.
Kependidikan, D. T., Mutu, D. J. P., KEPENDIDIKAN, P., & Nasional, D. P. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Laili, I. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.
Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf professional tema global warming sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338–345.
Mariyati, Y., Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., Fujiaturrahman, S., Sari, N., Hastuti, I. D., & Darmayanti, N. W. S. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Audiovisual Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Sdn 1 Dopang Dalam Mengoptimalkan Kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR). Jurnal Warta Desa (JWD), 3(3), 142–147.
Negara, H. R. P., Kusuma, J. W., Apriansyah, D., & Tamur, M. (2021). Computing the auto regressive distributed lag (ARDL) method in forecasting COVID-19 data: A case study of NTB Province until the end of 2020. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 12037.
Nizaar, M., Haifaturrahmah, H., Abdillah, A., Sari, N., & Sirajuddin, S. (2021). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Direct Intruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6150–6157.
Rahman, N., Haifaturrahmah, H., & Sari, N. (2021). Pengembangan Perangkat Praktikum Online Ipa Sd Berbasis Home Materials Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 116–120.
Saddam, S., Isnaini, I., Mandala, H., & Haifaturrahmah, H. (2021). The role of educational media in preventing hoax news of COVID-19 pandemic among students Mataram city. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 159–172.
Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).
Subarkah, C. Z., Alhak, A. A., Sari, S., Ruswandi, U., & Rochman, C. (2021). Developing E-module on the Topic of Integrated Addictive Substances with Islamic Values. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 6(1), 16–25.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Alfabeta.
Supiyati, S., & Hanum, F. (2019). Ethnomathematics in Sasaknese Architecture. Journal on Mathematics Education, 10(1), 47–58.
Syudirman, S., & Saddam, S. (2021). Pendampingan Belajar Dari Rumah Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 914–922.
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan e-modul interaktif berbasis proyek mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2).
WINATHA, K. R., SUHARSONO, D. R. N., AGUSTINI, K., & Si, M. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.