PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ZRA (ZOOM ROOM APLIKASI) ERA COVID-19 DI SEKOLAH MENANGAH PERTAMA NEGERI 2 LINGSAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.10945Keywords:
Pembelajaran, Aplikasi ZRA, Hasil Belajar.Abstract
Abstrak: Sekolah Menengah Pertama Negeri  2 Lingsar Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat merupakan lembaga pendidikan yang ikut menerapkan kegiatan pembelajaran online sebagai salah satu strategi yang tepat dalam mengaktifkan pembelajaran dikelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran online dalam masa pandemic covid-19 pada siswa kelas VIII SMPN 2 Lingsar dan untuk mengetahui strategi pembelajaran online dalam masa pandemic covid-19 pada SMPN 2 Lingsar Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif fenomenologi. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil observasi, wawancara, dokumentasi, data ini dianalisis dengan menggunakan reduksi data dan verifikasi data. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif diperoleh hasil bahwa pembelajaran online tidak maksimal karena siswa tidak punya Handphone, sinyal tidak ada karena tempat tinggal tidak terkoneksi internet.
Abstract: State Junior High School 2 Lingsar Lingsar District, West Lombok Regency is an educational institution that participates in implementing online learning activities as one of the right strategies in activating classroom learning. The purpose of this study was to determine the online learning process during the covid-19 pandemic in class VIII students of SMPN 2 Lingsar and to find out online learning strategies during the covid-19 pandemic at SMPN 2 Lingsar, Lingsar District, West Lombok Regency. The approach used is descriptive qualitative phenomenology. The data collected is based on the results of observations, interviews, documentation, this data is analyzed using data reduction and data verification. With a qualitative descriptive approach, the results obtained that online learning is not optimal because students do not have cellphones, the signal is not available because the place where they live is not connected to the internet.ÂReferences
Amin, M., Saleh, A. M., & Bilfaqih, H. Z. A. (2020). Covid-19 (Corona Virus Disease 2019): Tinjauan Perspektif Keilmuan Biologi, Sosial, dan Agama. Inteligensia Media.
Astuti, C. C. (2017). Analisis korelasi untuk mengetahui keeratan hubungan antara keaktifan mahasiswa dengan hasil belajar akhir. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 1–7.
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Effendi, A., Fatimah, A. T., & Amam, A. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran matematika online di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2).
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Hadi, A., Asrori, A., & Rusman, R. (2021). Penelitian kualitatif: studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. Pena Persada.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas pembelajaran menggunakan video zoom cloud meeting pada anak usia dini era pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665.
Jayanti, R. D. (n.d.). Learning Strategies at SD Muhammadiyah 1 Waru During Pandemic Covid 19 [Strategi SD Muhammadiyah 1 Waru Di Tengah Pandemi Covid.
Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi Belajar-Mengajar. Syiah Kuala University Press.
Marbun, J., & Sinaga, S. J. (2021). Pemanfaatan aplikasi google classroom dalam meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa berbasis daring di masa pandemik covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3299–3305.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 102–107.
Moore et al. (2011). The Internet and Higher Education. https://www.sciencedirect.com
Negara, H. R. P., Kusuma, J. W., Apriansyah, D., & Tamur, M. (2021). Computing the auto regressive distributed lag (ARDL) method in forecasting COVID-19 data: A case study of NTB Province until the end of 2020. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 12037.
Putri, E. R., & Amrullah, M. (n.d.). Learning at SD Muhammadiyah 9 Tanggulangin during the Covid 19 Pandemic [Pembelajaran di SD Muhammadiyah 9 Tanggulangin pada Masa Pandemi Covid 19].
Ratmoro, S. D. (2020). Pengelolaan Anggaran Negara-Negara Oki Dalam Upaya Stabilisasi Ekonomi Di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2).
Saddam, S., Isnaini, I., Mandala, H., & Haifaturrahmah, H. (2021). The role of educational media in preventing hoax news of COVID-19 pandemic among students Mataram city. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 159–172.
Syafira, A. H. (n.d.). Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Murid Dalam Memotivasi Siswa di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Dua Mei Ciputat. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….
Syudirman, S., & Saddam, S. (2021). PENDAMPINGAN BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 914–922.
Tasdik, R. N., & Amelia, R. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 510–521.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).