ANALISIS KETERKAITAN SUMBER BELAJAR IPS DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MA BAHRUL ULUM
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i3.11245Keywords:
Pendidikan, Karakter, Sumber, Belajar, IPS.Abstract
Abstrak: Pusat Kurikulum merumuskan paling tidak ada 18 nilai pendidikan karakter, yakni religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai-nilai dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana keterkaitan sumber belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dengan penguatan pendidikan karakter di MA Barul Ulum. Peneliti memakai metode penelitian kualitatif dalam upaya mengetahui analisis keterkaitan sumber belajar IPS dengan penguatan pendidikan karakter di MA Bahrul Ulum. Sedang jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah jenis kualitatif deskriptif yang mempelajari temuan-temuan yang ada serta tata cara kerja yang berlaku. Terdapat berbagai jenis sumber belajar yang dapat kita jadikan informasi dan menumbuhkan karakter siswa, Mata pelajaran IPS memiliki berbagai sumber belajar yang dapat mendukung karakter siswa, misalnya dalam pembelajaran sejarah, siswa mampu mengintegrasikan nilai-nilai kehidupan dengan mata pelajaran sejarah, melalui pembelajaran sejarah siswa juga mampu menumbuhkan jiwa nasionalisme di dalam diri mereka, sumber belajar yang dapat dijadikan bahan ajar ialah situs-situs sejarah sekitar atau para pejuang.
Abstract: The Curriculum Center that formulates at least 18 values of character education, namely religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, democratic, curiosity, national spirit, love for the homeland, respect for achievement, friendly, communicative, love peace, likes to read, cares about the environment, cares about social, and is responsible. Those Values can be integrated in social studies learning. This study aims to examine how the relationship between social studies learning resources and strengthening character education in MA Barul Ulum. The researcher uses qualitative research methods to find out the analysis of the linkage of social studies learning resources with strengthening character education at MA Bahrul Ulum. While the type of this research is a descriptive qualitative type which studies the existing findings and the applicable working procedures. The result of this study is There are various types of learning resources that we can use as information and foster student character. Social studies subjects have various learning resources that can support student character, for example in history learning, students are able to integrate life values with history subjects, student also able to grow the spirit of nationalism in them.
References
Abdullah, b., radiansyah, r., & akbar, a. (2015). pendidikan karakter di madrasah aliyah negeri (man) 2 banjarmasin. inferensi, 9(2), 537.
adibatin, a. (2016). pendidikan karakter bangsa berbasis strategi pembelajaran pakem melalui permainan cincin di jempol tangan (karya inovasi pembelajaran sekolah dasar). scholaria : jurnal pendidikan dan kebudayaan, 6(1), 1.
arga, h. s. p., rahayu, g. d. s., & altaftazani, d. h. (2019). sumber belajar ips berbasis lingkungan. 8–15.
chasanah, a., & utomo, c. b. (2019). internalisasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada materi pendudukan jepang dan proklamasi kemerdekaan republik indonesia di smk pgri 1 mejobo kudus tahun pelajaran 2018/2019. indonesian journal of history education, 7(1), 93–102.
grimalda, m. a., rahman, a., & hermawan, y. (2021). insania : jurnal pemikiran alternatif kependidikan strategies for developing students ’ character through humanist learning strategi pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran humanis. 26(2), 248–264.
kurniawan, s. (2018). pendidikan karakter dalam islam pemikiran al-ghazali tentang pendidikan karakter anak berbasis akhlaq al-karimah. tadrib: jurnal pendidikan agama islam, 3(2), 197.
lestiono, r., sabilah, f., setyaningrum, r. w., gusdian, r. i., & ... (2018). pedoman pembelajaran interkultural berbasis pendidikan karakter. umm press
mahmudi. (2022). ilmu pendidikan mengupas komponen pendidikan. yogyakarta: deepublish
mouw, e. (2022). teknik analisis dalam penelitian kualitatif. metodologi penelitian kualitatif, april, 54–68.
mudlofir, a., & rusydiyah, e. f. (2021). desain pembelajaran inovatif: dari teori ke praktik - rajawali pers.
pramujiono, a., & dkk. (2020). kesantunan berbahasa, pendidikan karakter, dan pembelajaran yang humanis. dki jakarta: indocamp
ramdhani, m. a. (2014). lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. jurnal pendidikan universitas garut, 26(1), 28–37.
rinja efendi & asih ria ningsih. (2020). pendidikan karakter di sekolah - google books. qiara media.
sahroni, d. (2017). pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. pasca um, 1(1), 115–124.
semiawan, c. r. (2010). metode penelitian kualitatif - prof. dr. conny r. semiawan. grasindo, 168.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).