Pengembangan E-LKPD Berbasis Diagram Berpikir Mutlidimensi untuk Meningkatkan Keterampilan Inkuiri dan Hasil Belajar Siswa SMP/MTs pada Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.13103Keywords:
E-LKPD, Keterampilan Inkuri, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAAbstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran IPA yaitu rendahnya keterampilan inkuiri dan hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan inkuiri dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan bahan ajar yang menarik seperti E-LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk E-LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi untuk meningkatkan keterampilan inkuiri dan hasil belajar siswa SMP/MTs dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menerapkan model pengembangan Plomp yang tahapannya terdiri dari tahap penelitian pendahuluan (Pliminary research), tahap kedua adalah tahap prototyping, dan tahap terakhir adalah tahap penilaian (Assessment phase). Hasil skor validasi LKS elektronik berbasis diagram berpikir multidimensi memiliki rata-rata 85,10% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan E-LKPD elektronik berbasis multidimensional thinking diagram memiliki rata-rata 91,36% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Keefektifan E-LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi untuk meningkatkan keterampilan inkuiri setelah dilakukan penilaian keterampilan inkuiri pada siklus I ke siklus 2 diperoleh skor n-gain sebesar 0,31, pada siklus 2 ke siklus 3 sebesar 0,45 dan pada siklus 3 ke siklus 4 sebesar 0,61. Sementara itu, keefektifan E-LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi untuk meningkatkan hasil belajar memiliki nilai n-gain yang cukup besar yaitu 0,72 dan termasuk dalam kategori tinggi.
Abstract: This research is based on the existence of problems in learning science, namely low inquiry skills and student learning outcomes. One way to improve inquiry skills and student learning outcomes is to use interesting teaching materials such as electronic student worksheets based on multidimensional thinking diagrams. This study aims to describe the validity, practicality, and effectiveness of electronic student worksheet products based on multidimensional thinking diagrams to improve inquiry skills and learning outcomes of junior high school students in science learning. The type of this research is research and development by applying the Plomp development model whose stages consist of a preliminary research stage (Pliminary research), the second stage is the prototyping stage, and the last stage is the assessment phase (Assessment phase). The results of the validation score of electronic student worksheets based on multidimensional thinking diagrams have an average of 85.10% included in the very valid category. The practicality of electronic student worksheets based on multidimensional thinking diagrams has an average of 91.36% which is included in the very practical category. The effectiveness of electronic student worksheets based on multidimensional thinking diagrams to improve inquiry skills after conducting an assessment of inquiry skills in the first cycle obtained an n-gain score of 0.31, in the second cycle 0.45 and in the third cycle of 0.61. Meanwhile, the effectiveness of electronic student worksheets based on multidimensional thinking diagrams to improve inquiry skills has a fairly large n-gain score, namely 0.72 and is included in the high category.
References
Agustin, R., & Supardi, Z. A. I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalianget. In Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 3(2): 14-19.
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Andayani, F. C. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Jaringan Hewan di SMA. Jurnal Pijar Mipa. 15(4). 66–372.
Anjani, F., Supeno, S., & Subiki, S. (2020). Kemampuan penalaran ilmiah siswa SMA dalam pembelajaran fisika menggunakan model inkuiri terbimbing disertai diagram berpikir multidimensi. Lantanida Journal. 8(1): 13–28.
Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : IkanJurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendid. 7(4): 281–288.
Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education. 6(2): 465–473.
Ayu Ambarwati, dan D., Sunarti. (2017). Kemampuan Inkuiri Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Sub Pokok Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 06(01): 21–27.
Berutu, M. H. A. dan M. I. H. Tambunan. 2018. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Biolokus 1(2): 109-115.
Budiarso, A. S. (2017). Analisis Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Edukasi. 4(2): 15–20.
Bungsu, T. kurniawan, Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education. 01(02): 382–389.
Dwi Karmila, D.,. Supeno, dan Subiki. 2019. Keterampilan Inkuiri Siswa SMA dalam Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Virtual Laboratory. Jurnal Pembelajaran Fisika. 8 (3): 151-158.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics/. 66(1): 64–74.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(1). 151–164.
Hasan Andikalan, T., Supeno, S., & Wicaksono, I. (2022). Kemampuan Inkuiri Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Memanfaatkan Media E-LKPD. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. 22(1): 39–45.
Indahsari, S. N., Supeno, & Maryani. (2020). Student Worksheet Based on Inquiry with Vee Map to Improve Students’ Scientific Reasoning Ability in Physics Learning in Senior High School. Journal of Physics: Conference Series.
Khotimah, S. K., A.D. Yasa, dan C. I. R. T. Nita. 2020. Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kelas V SD. Seminar Nasional PGSD Unikama. 4(10). 401-408.
Kusumastuti, I., Anggraeni, S., & Surakusumah, W. (2020). Penerapan Asesmen Kinerja dalam Meningkatkan Kemampuan Inkuiri Melalui Pembelajaran Levels of Inquiry Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Indonesia. 5(1): 101–116.
Lestari, H. D., & D. P. Parmiti. 2020. Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology. 4(1): 73-79.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2): 64–72.
Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(2): 2345–2353.
Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An introduction. Educational Design Research. 11–50.
Supeno, M. N., & Susantini, E. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Memfasilitasi Siswa dalam Belajar Fisika dan Berargumentasi Ilmiah. Seminar Nasional Jurusan Fisika FMIPA UM. 29: 36–40.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). 2(7): 1256-1268.
Widiyanti, T., & Fitrotun Nisa, A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 8(1): 1269–1283.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 10(3): 605–616.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).