Media Pembelajaran Video Tiktok Seni Tari Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Hidayatul Maulidiyanti S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Pance Mariati S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Sukron Djazilan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sunanto Sunanto S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.13398

Keywords:

Learning, Tiktok Video, Dance.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil-hasil penerapan media pembelajaran video tiktok terhadap seni tari siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan metode sistematik literature review (SLR). Sampel yang diambil sebanyak 10 artikel review yang membahas mengenai media pembelajaran berbasis tiktok pada pelajaran seni tari yang mengambil keseluruhan terkait topik yang di bahas. Hasil penelitian menggunakan jurnal yang diterbitkan pada tahun 2021-2022. Pertanyaan kunci peneitian ini adalah mendeskripsikan tentang bagaimana pengaruh media video tiktok pada pembelajaran, dan ditinjau berdasarkan tahun, tingkat pembelajaran, subjek penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian. Melalui metode tinjauan pustaka otomatis ditemukan adanya peningkatan penelitian selama 2 tahun terakhir. Berasarkan studi penelitian, mayoritas peningkatan pada jenjang kelas atas lebih dominan, berdasarkan durasi mayoritas. Penelitian dilakukan di sekolah dasar, dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa terjadi penigkatan topik media video tiktok pada pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan.

Abstract: This study aims to describe the results of applying the tiktok video learning media to the art of dance for fifth grade elementary school students. With the method of systematic literature review (SLR). Samples were taken of 10 review articles that discussed tiktok-based learning media in dance lessons which took the whole topic related to the topic discussed. The results of the research use journals published in 2021-2022. The key research question for this research is to describe how the influence of the tiktok video media on learning, and is reviewed based on year, level of learning, research subject, research method, and research results. Through the automatic literature review method, it was found that there was an increase in research over the last 2 years. Based on research studies, the majority of increases at the upper class level are more dominant, based on the duration of the majority. The research was conducted in elementary schools, and based on the results of the research, it was obtained data that there was an increase in the topic of tiktok video media in learning at various levels of education.

References

Ambarwati, D. D., Utina, U. T., Pendidikan, J., Drama, S., Bahasa, F., & Semarang, N. (2022). JURNAL SENI TARI Pengaruh Dance Challenge Pada Media Sosial TikTok Terhadap Minat Menari Remaja Kabupaten Blora di Era Pandemi Covid-19. 11, 22–35.

Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 14(1), 1–10. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalinovasi/article/download/1390/750

Chandra Kusuma, D. N. S., & Oktavianti, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Media Sosial Berbasis Audio Visual dalam Membentuk Konsep Diri (Studi Kasus Aplikasi Tiktok). Koneksi, 4(2), 372. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8214

Fransiska, H., Ansori, Y. Z., & Saputra, D. S. (2021). Studi Literature : Tik Tok Sebagai Media Kreatif Dalam Pengajaran Daring Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021 “System Thinking Skills Dalam Upaya Transformasi Pembelajaran Di Era Society 5.0,†239–244.

Handayani, S. F., Sukabumi, U. M., Jual, H., & Promosi, B. (2020). Jurnal Indonesia Sosial Sains. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(September), 132–141. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.505

Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2022). 3 1,2,3. 8(September), 657–667.

Kirani, C. (2022). Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Unggul Berkarakter (Studi Kasus di SDIT Darul Falah). http://etheses.iainponorogo.ac.id/19808/

Luisandrith, D. R., & Yanuartuti, S. (2020). Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Seni Tari, 9(2), 175–180. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/42085/17450

Mariati, P. (2020). Penerapan Metode Simulasi Pada Matakuliah Pendidikan Seni Tari Untuk Anak Usia Dini Guna Meningkatkan Ketrampilan Gerak Mahasiswa PG Paud UNUSA. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan …, 6, 67–75. http://repository.unusa.ac.id/6699/%0Ahttp://repository.unusa.ac.id/6699/1/Penerapan Metode Simulasi Pada Matakuliah Pendidikan Seni Tari Untuk Anak Usia Dini Guna Meningkatkan Ketrampilan Gerak Mahasiswa PG Pau.pdf

Nasem, N., Iskandar, Y. Z., & Kusmiati, E. (2022). Meningkatkan Koordinasi Gerak Tangan Anak Usia 5-6 Tahun pada Tari Sunda melalui Aplikasi TikTok di PAUD Permata Hati. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1919–1927. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.654

Pratiwi, N. I., & Achmad, H. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Remaja di Denpasar Saat Pandemi. The Source Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 42–51.

Purwanti Dewi, F. O. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas 5 dan 6 SD Dalam Penggunaan Tiktok. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 45–49. http://ppkn.org/wp-content/uploads/2018/01/PROSIDING-FULL-RUANG-baruI.pdf#page=126

Rasyid, M. H. (2020). Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Tik Tok) Kelas X Sma Negeri 3 Pati. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 352–358.

Retnasary, M., & Fitriawaty, D. (2022). Analisis Akun TikTok@ Iramira Sebagai Media Pembelajaran Edukasi. AGUNA: Jurnal …, 3(2), 1–11. https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA/article/view/2046

Tindarika, R. (2022). Pelatihan Tari tradisionalonal Sebagai Promosi Pariwisata Menggunakan Media Sosial di Kampung Caping Mendawai Pontianak. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 375. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.2.375-382.2022

Winata, W., Susanto, A., Suryadi, A., Satriana, M., & Rohaeni, S. (2021). Model Pengasuhan Anak Usia 3-4 Tahun Berbasis Practical Life di Homeschooling Tunggal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 680–692. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1492

Yulianti, N. (2022). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Seni Tari dalam Membentuk Mental Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1877–1882. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Downloads

Published

2023-06-22

Issue

Section

Articles