Media Pembelajaran Video Tiktok Seni Tari Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.13398Keywords:
Learning, Tiktok Video, Dance.Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil-hasil penerapan media pembelajaran video tiktok terhadap seni tari siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan metode sistematik literature review (SLR). Sampel yang diambil sebanyak 10 artikel review yang membahas mengenai media pembelajaran berbasis tiktok pada pelajaran seni tari yang mengambil keseluruhan terkait topik yang di bahas. Hasil penelitian menggunakan jurnal yang diterbitkan pada tahun 2021-2022. Pertanyaan kunci peneitian ini adalah mendeskripsikan tentang bagaimana pengaruh media video tiktok pada pembelajaran, dan ditinjau berdasarkan tahun, tingkat pembelajaran, subjek penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian. Melalui metode tinjauan pustaka otomatis ditemukan adanya peningkatan penelitian selama 2 tahun terakhir. Berasarkan studi penelitian, mayoritas peningkatan pada jenjang kelas atas lebih dominan, berdasarkan durasi mayoritas. Penelitian dilakukan di sekolah dasar, dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa terjadi penigkatan topik media video tiktok pada pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan.
Abstract: This study aims to describe the results of applying the tiktok video learning media to the art of dance for fifth grade elementary school students. With the method of systematic literature review (SLR). Samples were taken of 10 review articles that discussed tiktok-based learning media in dance lessons which took the whole topic related to the topic discussed. The results of the research use journals published in 2021-2022. The key research question for this research is to describe how the influence of the tiktok video media on learning, and is reviewed based on year, level of learning, research subject, research method, and research results. Through the automatic literature review method, it was found that there was an increase in research over the last 2 years. Based on research studies, the majority of increases at the upper class level are more dominant, based on the duration of the majority. The research was conducted in elementary schools, and based on the results of the research, it was obtained data that there was an increase in the topic of tiktok video media in learning at various levels of education.
References
Ambarwati, D. D., Utina, U. T., Pendidikan, J., Drama, S., Bahasa, F., & Semarang, N. (2022). JURNAL SENI TARI Pengaruh Dance Challenge Pada Media Sosial TikTok Terhadap Minat Menari Remaja Kabupaten Blora di Era Pandemi Covid-19. 11, 22–35.
Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 14(1), 1–10. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalinovasi/article/download/1390/750
Chandra Kusuma, D. N. S., & Oktavianti, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Media Sosial Berbasis Audio Visual dalam Membentuk Konsep Diri (Studi Kasus Aplikasi Tiktok). Koneksi, 4(2), 372. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8214
Fransiska, H., Ansori, Y. Z., & Saputra, D. S. (2021). Studi Literature : Tik Tok Sebagai Media Kreatif Dalam Pengajaran Daring Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021 “System Thinking Skills Dalam Upaya Transformasi Pembelajaran Di Era Society 5.0,†239–244.
Handayani, S. F., Sukabumi, U. M., Jual, H., & Promosi, B. (2020). Jurnal Indonesia Sosial Sains. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(September), 132–141. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.505
Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2022). 3 1,2,3. 8(September), 657–667.
Kirani, C. (2022). Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Unggul Berkarakter (Studi Kasus di SDIT Darul Falah). http://etheses.iainponorogo.ac.id/19808/
Luisandrith, D. R., & Yanuartuti, S. (2020). Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Seni Tari, 9(2), 175–180. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/42085/17450
Mariati, P. (2020). Penerapan Metode Simulasi Pada Matakuliah Pendidikan Seni Tari Untuk Anak Usia Dini Guna Meningkatkan Ketrampilan Gerak Mahasiswa PG Paud UNUSA. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan …, 6, 67–75. http://repository.unusa.ac.id/6699/%0Ahttp://repository.unusa.ac.id/6699/1/Penerapan Metode Simulasi Pada Matakuliah Pendidikan Seni Tari Untuk Anak Usia Dini Guna Meningkatkan Ketrampilan Gerak Mahasiswa PG Pau.pdf
Nasem, N., Iskandar, Y. Z., & Kusmiati, E. (2022). Meningkatkan Koordinasi Gerak Tangan Anak Usia 5-6 Tahun pada Tari Sunda melalui Aplikasi TikTok di PAUD Permata Hati. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1919–1927. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.654
Pratiwi, N. I., & Achmad, H. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Remaja di Denpasar Saat Pandemi. The Source Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 42–51.
Purwanti Dewi, F. O. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas 5 dan 6 SD Dalam Penggunaan Tiktok. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 45–49. http://ppkn.org/wp-content/uploads/2018/01/PROSIDING-FULL-RUANG-baruI.pdf#page=126
Rasyid, M. H. (2020). Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Tik Tok) Kelas X Sma Negeri 3 Pati. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 352–358.
Retnasary, M., & Fitriawaty, D. (2022). Analisis Akun TikTok@ Iramira Sebagai Media Pembelajaran Edukasi. AGUNA: Jurnal …, 3(2), 1–11. https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA/article/view/2046
Tindarika, R. (2022). Pelatihan Tari tradisionalonal Sebagai Promosi Pariwisata Menggunakan Media Sosial di Kampung Caping Mendawai Pontianak. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 375. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.2.375-382.2022
Winata, W., Susanto, A., Suryadi, A., Satriana, M., & Rohaeni, S. (2021). Model Pengasuhan Anak Usia 3-4 Tahun Berbasis Practical Life di Homeschooling Tunggal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 680–692. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1492
Yulianti, N. (2022). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Seni Tari dalam Membentuk Mental Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1877–1882. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).