Fenomena Mahasiswa Penerima Beasiswa LPDP yang Tidak Mau Kembali ke Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i4.15313Keywords:
Student, Scholarship, LPDP.Abstract
Abstrak: Penelitian ini mengkaji fenomena mahasiswa penerima beasiswa LPDP yang memilih untuk tidak kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studinya di luar negeri. Metode penelitian yang digunakan adalah survei tanggapan dan kajian literatur. Survei tanggapan dilakukan terhadap 30 orang termasuk mahasiswa dan masyarakat umum, sedangkan studi literatur dilakukan dengan menganalisis artikel terkait yang diterbitkan di berbagai jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa untuk tidak kembali ke Indonesia antara lain kesempatan kerja yang lebih baik di negara tempat mereka menyelesaikan studinya, ketidakpuasan terhadap kondisi sosial dan politik di Indonesia dan keinginan untuk melanjutkan studi. di negara Lain. Namun, sebagian besar mahasiswa masih merasa memiliki kewajiban untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Kajian ini diharapkan dapat membantu pengambil kebijakan untuk mengevaluasi efektivitas program beasiswa LPDP dan menyusun strategi untuk meningkatkan persentase penerima beasiswa yang kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studinya.
Abstract: This study examines the phenomenon of LPDP scholarship recipients who choose not to return to Indonesia after completing their studies abroad. The research methods used are response surveys and literature reviews. The response survey was conducted on 30 people including students and the general public, while the literature study was conducted by analyzing related articles published in various journals. The results showed that factors influencing students' decision not to return to Indonesia include better job opportunities in the country where they completed their studies, dissatisfaction with social and political conditions in Indonesia and desire to continue their studies. in other countries. However, most students still feel an obligation to contribute to Indonesia's development. This study is expected to help policy makers to evaluate the effectiveness of the LPDP scholarship program and develop strategies to increase the percentage of scholarship recipients who return to Indonesia after completing their studies.
References
Alberta, N. (2016). Kiat-Kiat Berburu dan Tembus Beasiswa Pendidikan di Luar Negeri. Huta Publisher.
Deak, V., Wahidin, D., Sauri, S., & Sulistini, R. (2022). Implementasi Pembelajaran Kampus Mandiri dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(5), 1113-1128.
Garuda, M. (2018). Indonesia 2045. Bentang Pustaka.
Gufron, R. E. B., Simanjuntak, M., & Novianti, T. (2022). Program Beasiswa dan Peningkatan Kinerja Dampak Kepemimpinan, Kontribusi Sosial dan Ekonomi Alumni LPDP. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 8(3), 926-926.
Indah, R. (2020). Studi di Tiga Benua: Kisah-kisah Inspiratif Kuliah di Luar Negeri. Syiah Kuala University Press.
Nendy, A. R., & Aji, Q. (2023). The Pelanggaran Mahasiswa Penerima Beasiswa LPDP Yang Tidak Kembali ke Indonesia. PATRIOT: Jurnal Kajian Pancasila & Kewarganegaraan, 1(01).
Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.
Robinson, T. K., Kiyai, B., & Mambo, R. (2019). Strategi Pemerintah Dalam Meningkatkan Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara. Jurnal Administrasi Publik, 5(84).
Putra, G. R., Yulianto, A., &; Sudiro, A. (2021). Analisis Keinginan Mahasiswa Beasiswa LPDP untuk Kembali ke Indonesia dengan Pendekatan Structural Equation Modeling. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 9(1), 1-10.
Suardi, S., Nasution, M. A., & Messiono, M. (2023). Pengorganisasian dalam Lembaga Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), 1336-1341.
Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).
Wijaya, N. Q. (2016). Strategi Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Baru Studi pada Universitas Wiraraja Sumenep. Prosiding Univeritas Wiraraja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).