Penerapan Pembelajaran Fitrah dengan Metode Uswatun Hasanah dalam Menunjang Terciptanya Karakter Insan Kamil dalam Diri Siswa

Authors

  • Randira Naja Zahwa Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Udin Supriadi Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mokh. Iman Firmansyah Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i3.15526

Keywords:

Education, Uswatun Hasanah, Character, Children.

Abstract

Abstrak Pendidikan adalah hal yang dibutuhkan oleh setiap orang. Pendidikan terbagi menjadi tiga yaitu formal, nonformal, informal. Seiring dengan perkembangan zaman, banyaknya budaya-budaya luar yang masuk ke dalam negara kita. Hal ini menyebabkan adanya perubahan-perubahan yang kurang sesuai dengan budaya dan tradisi negara kita Indonesia. Dengan adanya perubahan ini, kita harus bisa mempertahankan nilai-nilai yang telah dulu ditanam dalam kebiasaan setiap orang, salah satunya Pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini bisa didapatkan melalui sekitar bukan hanya dari Pendidikan formalnya yaitu sekolah tetapi dari lingkungan sekitarnya juga sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter seseorang. Salah satu penerapan Pendidikan yang bisa dikatakan efektif adalah melalui metode uswah hasanah yang berarti pembelajaran dilakukan melalui peneladanan oleh sosok yang sangat dekat atau berperan dalam Pendidikan seseorang.

Abstract: Education is something that is needed by everyone. Education is divided into three, namely formal, non-formal, informal. Along with the times, many foreign cultures entered our country. This causes changes that are not in accordance with the culture and traditions of our country, Indonesia. With this change, we must be able to maintain the values that have been instilled in everyone's habits, one of which is character education. This character education can be obtained through surroundings, not only from formal education, namely school, but from the surrounding environment which is also very influential in forming one's character. One application of education that can be said to be effective is through the uswah hasanah method, which means learning is done through example by someone who is very close to or plays a role in one's education.

 

References

Damsy, Y. J., & Rivaei, W. (n.d.). SIKAP DAN PERILAKU MENYIMPANG ANAK.

Fauziyyah, F. N., & I., M. (2019). Penerapan Metode Uswah Hasanah dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpandu (SDIT) Ar Rohman Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–18.

Fitrah, P. B. (2021). ( Studi Kasus di Sekolah Karakter Imam Syafi ’ i Kota Semarang ).

Kesuma, G. C. (2013). Konsep Fitrah Manusia Perspektif Pendidikan Islam. Ijtimaiyya, 6, 80–94.

Khotimah, K. (2016). Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius Di SDIT Qurrata A’Yun Ponoroggo. Muslim Heritage, 1(2), 371–388.

Ma’awiyah, A. (2017). Metode Uswah Hasanah Dalam Pembentukan Karakter Usia MI/SD. IDARAH: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 1(1), 48–63.

Negeri, U. I., Palembang, R. F., Keluarga, P., & Indonesia, B. (2018). Metode Keteladanan Pendidikan Islam dalam Persfektif Quran. 3(1), 1–22.

Omeri, N. (n.d.). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan.

Published

2023-09-12

Issue

Section

Articles