Nilai Pendidikan Karakter dalam Iklan Layanan Masyarakat di Youtube
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i3.15956Keywords:
Education, Character, Advertising.Abstract
Abstrak: Pendidikan karakter adalah pendidikan yang berfokus pada watak, moral, budi pekerti, dan nilai. Penguatan nilai pendidikan karakter sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan karakter pelajar, terlebih dalam menghadapi perkembangan zaman. Oleh karena itu, baik pemerintah, sekolah, maupun masyarakat, kini turut berkontribusi terhadap penguatan pendidikan karakter pelajar Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyebarkan iklan layanan masyarakat yang mengandung nilai pendidikan karakter. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam iklan layanan masyarakat yang diunggah oleh akun Cerdas Berkarakter Kemdikbud di platform YouTube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa teknik simak dan teknik catat, serta teknik analisis data berupa analisis isi (analysis content). Berdasarkan analisis yang dilakukan, terdapat 8 (delapan) nilai pendidikan karakter dalam iklan layanan masyarakat di YouTube, di antaranya: (1) mandiri; (2) tanggung jawab; (3) religius; (4) toleransi; (5) kreatif; (6) disiplin; (7) karakter peduli sosial; dan (8) komunikatif atau bersahabat.
Abstract: Character education is education that focuses on character, morals, ethics, and values. Strengthening the value of character education is very important for the growth and development of student character, especially in dealing with the times. Therefore, both the government, schools and the community are now contributing to strengthening the character education of Indonesian students. One of the efforts made is to distribute public service advertisements that contain character education values. This study aims to describe the values of educational character in public advertising services uploaded by Cerdas Berkarakter Kemdikbud account on the YouTube platform. This study uses a qualitative descriptive method, with data collection techniques in the form of listening and note-taking techniques, as well as data analysis techniques in the form of content analysis (content analysis). Based on the analysis conducted, there are 8 (eight) educational character values in public service advertisements on YouTube, including: (1) independent; (2) responsibility; (3) religious; (4) tolerance; (5) creative; (6) discipline; (7) social caring character; and (8) communicative or friendly.
References
Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan implementasinya. Jakarta: Kencana.
Ardila, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajarannya Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 0(0), 79–85. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11151
Ashsidiqy, A., & Sofyan, A. (2018). Makna Edukasi Bahaya Merokok dalam Iklan Layanan Masyarakat di Media Sosial. Prosiding Ilmu Komunikasi, 7(2), 375–378.
Chastanti, I., Gultom, M., & Sari, N. F. (2020). Analisis Penggunaan Internet Terhadap Karakter Bersahabat/Komunikatif pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 52–61. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/17301/13178
Etikasari, D., & Mulyaningtyas, R. (2020). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Iklan Televisi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 133–140. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/600
Faradila, W., Amalia, A. R., & Nurasiah, I. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Peduli Sosial Dalam Buku Siswa Kelas 3 SD Tema 4 Peduli Lingkungan Sosial. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 159. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.676
Hanum, A., & Meilinda, A. (2019). Studi Karakterisasi Bersahabat/Komunikatif Pada Siswa SMPN 18 Kota Jambi. Publikasi Pendidikan, 9(2), 147. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9016
Hartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Disiplin. Basic Of Education, 02(01), 38–59.
Kurniawati, A., & Wuryandani, W. (2019). Pendidikan Karakter Peduli Sosial melalui Metode Pembiasaan di TK Al Wafa Bantul dan TK Al Fatihah Umbulharjo [Lumbung Pustaka UNY]. https://eprints.uny.ac.id/67909/
Matsutono. (2020). 8 Upaya Penerapan Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik di Sekolah. Ayo Guru Berbagi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/8-upaya-penerapan-pendidikan-karakter-bagi-peserta-didik-di-sekolah
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Murni, D. (2018). Toleransi Dan Kebebasan Beragama Dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Syahadah, 6(2), 72–90.
Nova, Deana Dwi Rita., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515
Prabandari, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 68–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.586
Sabardila, A., Markhamah, M., Arifin, Z., Kusmanto, H., Hidayah, L. N., Kurniasari, A. D., & Saputro, D. (2021). Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 150–162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875
Salahudin, A., dan Irwanto, A. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.
Siweb. (2020). Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemendikbud. BMP. DI Yogyakarta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Teknologi, dan Riset. BMP. DI Yogyakarta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Teknologi, Dan Riset. https://bpmpjogja.kemdikbud.go.id/pusat-penguatan-karakter-puspeka-kemdikbud/
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 568–577. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2071
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).