Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Audio Visual terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i3.16241Keywords:
Discovery learning, Audio-visual, Science learning model.Abstract
Abstrak : Discovery Learning berbantuan audio visual dapat memengaruhi hasil belajar dan motivasi berprestasi siswa dalam pelajaran IPA. Integrasi media audio visual dalam pembelajaran IPA dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbantuan audio visual terhadap hasil belajar dan motivasi berprestasi pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kuasi eksperiman menggunakan desain pre-test-post-test. Populasi dalam penelitain ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pacar Bantul. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisa menggunakan uji paired t-test dengan bantuan aplikasi SPSS. Model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar IPA V SDN Pacar, dengan kenaikan rerata nilai sebesar 11.75 poin. Peningkatan proporsi siswa yang menuntaskan target belajar juga mengalami peningkatan, yang semula 84.3% menjadi 93.75% (kenaikan sebesar 9.45%). Model discovery learning juga mampu meningkatkan kualitas berpikir kritis siswa. Disarankan kepada rekan Guru untuk menerapkan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran sains, karena memiliki keunggulan dalam hal menstimulasi daya nalar atau berpikir krtis siswa.
Abstract: This study aims to determine whether there is an effect of audio-visual assisted Discovery Learning on learning outcomes and achievement motivation in science lessons. This study used a quasi-experimental quantitative approach using a pretest-posttest design. The population in this study were fifth grade students at SD Negeri Calon Bantul. The sampling technique used was total sampling with a total sample of 54 people. Data collection techniques using tests, observation, and documentation. Data were analyzed using paired t-test with the help of the SPSS application. The discovery learning learning model is able to improve learning outcomes in Science V at SDN Pacar, with an increase in the average value of 11.75 points. The increase in the proportion of students who completed their learning targets also increased, from 84.3% to 93.75% (an increase of 9.45%). The discovery learning model is also able to improve the quality of students' critical thinking. It is suggested to fellow teachers to apply the discovery learning learning model to science learning, because it has advantages in terms of stimulating students' reasoning or critical thinking.
References
Artawan, P. G. O., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 452. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29456
Deviana, M., Subekti, E. E., & Kuswandari, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Pembelajaran Tema 9 Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint bagi Siswa Kelas V SDN 2 Tanggung. Jurnal Paedagogy, 8(3), 345. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3891
Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Basicedu, 5(2), 2156–2163.
Harefa, N., Tafonao, G. S., & Hidar, S. (2020). Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengemabngan Kependidikan, 11(2).
Khadijah, K., Mardes, S., Oktary, D., & Cahyaningsih, R. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran IPA melalui Penerapan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Tempilang. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 4(3), 68–78.
Komang, N., Astiti, A., Goreti, M., Kristiantari, R., & Saputra, K. A. (2021). Efektivitas Discovery Learning Model dengan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 409–415. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Pegaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 281–286. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1313
Paramita, A. A. E. P., Rati, N. W., & Sudatha, I. G. W. (2020). Model Discovery Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 175. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25353
Rusminiati, N. N., Karyasa, I. W., & Suardana, I. N. (2015). Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Kimia dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa antara yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning. E-Journal Program Pascasarajana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–11.
Setyaningsih, E., Dwiyanti, A. N., & Budiarti, W. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas V SD Negeri Slarang 01 Tahun 2019. Jurnal Pendidikan Anak Cerdas Dan Pintar, 4(1), 47–52.
Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 226. https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723
Suyani, K., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery learning Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450
Variani, N. L. D., & Gede Agung, A. A. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 290. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26631
Wahyuni, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Meningkatkan Kepercayaan Diri, Kerja Sama, Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mitra, 1(1 SE-Artikel), 45–60. http://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/5
Whesli, H., & Hardini, A. T. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 698–703. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.345
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).