Bahasa Indonesia sebagai Pembentuk Kepribadian Mahasiswa di Perguruan Tinggi Islam
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i3.16466Keywords:
Bahasa Indonesia, Pembentuk Kepribadian, Perguruan Tinggi IslamAbstract
Dalam perkembangannya, bahasa Indonesia sangatlah berperan sentral di dunia pendidikan tanah air. Sebagai buktinya, bahasa Indonesia selalu dijadikan bahasa pengantar dalam pembelajaran; bahasa Indonesia sebagai alat pengembangan ilmu dan teknologi. Namun, apalah artinya itu jika penggunanya, terutama generasi muda, yakni mahasiswa tidak memedulikan bahasanya sendiri. Selain itu, capaian perkuliahan yang diinginkan pun masih jauh dari harapan untuk membentuk karakter dan kepribadian yang luhur. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui perihal keterkaitan mata kuliah bahasa Indonesia dengan pembentukan kepribadian mahasiswa di perguruan tinggi Islam. Di samping itu, penulis berupaya menelusuri hambatan dan mencarikan solusinya dalam membentuk pribadi mahasiswa yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung secara virtual terhadap perilaku mahasiswa saat berkuliah bahasa Indonesia. Yang salah satunya adalah dengan tingkat partisipasi dan kedisiplinan mengikuti perkuliahan. Selain itu, metode angket pun digunakan sebagai bukti otentik. Strategi membentuk pribadi yang baik kepada mahasiswa melalui perkuliahan bahasa Indonesia adalah dengan cara membuat suasana belajar yang menyenangkan, kolaboratif, dan partisipatif. Perwujudan pembentukan karakter mahasiswa tidak hanya mengandalkan mata kuliah bahasa Indonesia, tetapi harus didukung oleh nilai-nilai keislaman.References
. T. H., Rizal, A. S., & . F. (2018). Pola Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir Bandung dalam Membentuk Kepribadian Islami. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3770
Bali, M. M. (2013). Peran Dosen dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Humaniora, 4(2), 800. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3508
Devinna Riskiana Aritonang, Lili Herawati Parapat. (2020). NILAI KEARIFAN LOKAL DAN UPAYA PEMERTAHANAN BUDAYA “MARSALAP ARI†DALAM MENJALIN SOLIDARITAS ANTAR SESAMA DI DESA PARINGGONAN SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA, 5(1), 25–28. https://doi.org/10.32696/ojs.v5i1.398
Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). STRATEGI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA. Pena Literasi, 1(2), 108. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113
Halid, E., Agustina, A., & Manaf, N. A. (2011). STRATEGI BERTUTUR GURU BAHASA INDONESIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP PERGURUAN ISLAM AR-RISALAH PADANG. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 5(1), 1. https://doi.org/10.24036/ld.v5i1.9970
Hudaa, S. (2018). OPTIMALISASI BAHASA: PENGGUNAAN BAHASA YANG BAIK, LOGIS, DAN SANTUN DI MEDIA MASSA. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 62–74. https://doi.org/10.15408/dialektika.v5i1.5953
Kamil, Sukron dan Setyadi Sulaiman. 2018. Dari Tradisi ke Tranformasi Sejarah FAH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Depok: Rajawali Pers.
Marsudi, M. (2008). EKSISTENSI BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PERSATUAN. Jurnal Sosial Humaniora, 1(2). https://doi.org/10.12962/j24433527.v1i2.674
Mulyadi, M. (2013). PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA PEMIKIRAN DASAR MENGGABUNGKANNYA. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106
Mulyaningsih, I., & Itaristanti, I. (2018). Pembelajaran Bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 113. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.2970
Nursyamsi, N. (2014). Pengembangan Kepribadian Guru. Al-Ta Lim Journal, 21(1), 32–41. https://doi.org/10.15548/jt.v21i1.70
Rohmah, N. N., & Rahmawati, E. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Da’i Berkepribadian Positif Pada Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Univeritas Muhammadiyah Mataram (Eksperimental Studi). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/jail.v2i1.1256
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2). https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379
Tamami, A., Falah, S., & Rizal, S. (2020). HUBUNGAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH AKHLAK ISLAMIYAH DENGAN MORALITAS MAHASISWA INSTITUT UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.51192/almubin.v3i1.65
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).