Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Loyalitas Kerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i3.17382Keywords:
Loyalty, Workload, Work Enviroment.Abstract
Abstrak: Loyalitas kerja merupakan salah satu sikap yang dapat menjadi indikator baik atau tidaknya kinerja guru. Beberapa faktor yang menjadi dasar tumbuhnya loyalitas kerja adalah lingkungan dan beban kerja yang diemban. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja secara mandiri maupun secara simultan terhadap loyalitas kerja guru. Penelitian ini dilakukan di SMP dengan sampel jenuh sebesar 65 orang guru. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan survey kausal dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan korelasi dan regresi linier berganda. Hasil penelitian in adalah (1) Beban kerja berpengaruh positif terhadap loyalitas kerja guru yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,590, dimana beban kerja memberikan kontribusi terhadap peningkatan loyalitas kerja guru sebesar 34,85%; (2) Lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap loyalitas kerja guru yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,455, dimana lingkungan kerja memberikan kontribusi terhadap peningkatan loyalitas kerja guru sebesar 20,70%; dan (3) Beban kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh positif terhadap loyalitas kerja guru yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,635, dimana beban kerja dan lingkungan kerja secara simultan memberikan kontribusi terhadap peningkatan loyalitas kerja sebesar 40,40%.
Abstract: Work loyalty is an attitude that can be an indicator of whether a teacher's performance is good or not. Several factors that are the basis for the growth of work loyalty are the environment and the workload carried out. This research aims to analyze and determine whether or not there is an influence of workload and work environment independently or simultaneously on teacher work loyalty. This research was conducted in junior high schools with a saturated sample of 65 teachers. The research method is quantitative with a causal survey with data collection techniques using questionnaires. Data analysis uses correlation and multiple linear regression. The results of this research are (1) Workload has a positive effect on teacher work loyalty as indicated by a correlation coefficient value of 0.590, where workload contributes to increasing teacher work loyalty by 34.85%; (2) The work environment has a positive effect on teacher work loyalty. indicated by a correlation coefficient value of 0.455, where the work environment contributes to increasing teacher work loyalty by 20.70%; and (3) Work load and work environment simultaneously have a positive effect on teacher work loyalty as indicated by a double correlation coefficient of 0.635, where workload and work environment simultaneously contribute to increasing work loyalty by 40.40%.
References
Campbell, K. (2016). Flexible Work Schedule, Virtual Work Programs, and Employee Productivity. Journal of Walden Dissertation and Doctoral Studies, 19(7), 172–194.
Cheng, S. Y., & Gee Oon Key. (2013). The Effect of Training and Development Provide by Organization towards Employee Productivity in Hotel Industry. A Research Project of Bachelor of Businness Adminstration, 23(4), 894.
Christanto, F. Y., & Santoso, T. (2014). Analisis Lingkungan Kerja dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Program Manajemen Bisnis Universitas Petra, 5(1), 73–79.
Chuanbao Yu, Haiyan, S., & Baozhen, H. (2015). Design and Implementation of Chinese High Star-Level Hotel Management Information System. International Conference on Education, Technology, Management, and Humanities Science, 1(7), 172.
Creswell, J. W. (2016). Reserach Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Pustaka Pelajar, 168.
Ellyzar, N., & Yunus, A. M. (2017). Pengaruh Mutasi Kerja, Beban Kerja, dan Konflik Interpersonal terhadap Stress Kerja serta Dampaknya pada Kinerja Karyawan BPKP Perwakilan Provinsi Aceh. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsyiah, 3(3), 142.
Fajarullaili, N. A. (2018). Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Loyalitas Karyawan pada Unit Pelayanan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. UIN, Jurnal Agora, 4(1), 84
Ferawati, Apfia. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Agora, 5(1), 25
Fitria, Silvia., & Nio, Suci Rahma. (2020). Kepuasaan Kerja dan Loyalitas Kerja pada Guru Honorer SMA Swasta Bukit Tinggi. Jurnal Psikologi, 1(5), 133
Fuanida, A. (2016). Pengaruh Kompensasi, Stress Kerja, dan Motivasi terhadap Loyalitas Kerja Karyawan CV. Sapu Dunia Semarang . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(6), 130–150.
Irvianti, Laksmi Sito Dewi., & Verina, Reno Eka. (2015). Analisis Pengaruh Stress Kerja, Beban Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Turnover Intention. Jurnal Binus Business Review, 6(1), 118
Larastrini, P. M., & Adnyani, I. G. A. D. (2019). Pengaruh Kepuasaan Kerja, Lingkungan Kerja, dan Work-Life Balance terhadap Loyalitas Karyawan. E-Jurnal Manajemen, 8(9), 136.
Nawawi, I. (2013). Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Kinerja. PT. Fajar Iterpratama Mandiri, 125.
Putra, I. W. S., & Sriathi, A. A. A. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Stress Kerja, dan Kompensasi terhadap Loyalitas Karyawan. E- Jurnal Manajemen, 8(2), 7746–7775.
Rivai, A., & Nugrahini, D. S. (2022). Pengaruh Upah dan Beban Kerja terhadap Loyalitas Kerja Para Pekerja Buruh Tani Desa Pandean Desa Banjarsari Madiun. Journal of Economics and Business Research, 2(1), 67
Rolos, J. K. R., Sambul, S. A. P., & Rumawas, W. (2018). Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Manado Kota. Jurnal ADministrasi Bisnis, 6(4), 74
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet, 187.
Suryani, R., Maesaroh, S., & Rahman, R. P. (2020). Pengaruh Motivasi, Motivasi, serta Beban Kerja terhadap Loyalitas Karyawan pada PT. Cosmoproft Indokarya Banjarnegara. Media Ilmah Komunikasi Dan Bisnis, 2(1), 62.
Suwardi., Firmiana, Masni Erika., & Nida, Fitrin. (2015). Pengaruh Loyalitas terhadap Kinerja Guru SD Awal. Jurnal Al Azhar Indonesia, 3(1), 97.
Widayati, Fatriani., Fitria, Happy., & Fitriani, Yessi. (2020). Pengaruh Kepuasaan Kerja dan Loyalitas terhadap Kinerja Guru. Jurnal Education of Research, 1(3), 253
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).