Pengaruh Model Guided Discovery Learning dengan Pendekatan Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i4.17826Keywords:
Guided Discovery Learning, Constructivism Approach, Cognitive Learning Outcomes.Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model guided discovery learning dengan pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar kogitif peserta didik. Populasinya ialah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 2 Gowa yang pemilihan sampelnya dilakukan secara random. Sampel kelas eksperimen dan control masing-masing 32 peserta didik. Desain penelitian ialah posttes only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument hasil belajar kognitif pada materi asam basa. Teknis analisis data berupa statistik deskriptif inferensial. Hipotesis diuji menggunakan analisis of covariance. Berdasarkan analisis data, nilai signifikansi yang diperoleh 0,019 < 0,05. Sehingga H1 diterima. Kesimpulan penelitian yakni penerapan model guided discovery learning dengan pendekatan konstruktivisme berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif.
Abstract: This research is a quasi-experimental research. The aim of the research is a quasi-experiment with the aim of finding out the effect of the guided discovery learning model with a constructivist approach on students' cognitive learning outcomes. The population is all students of class XI SMAN. 2 Gowa, and the sample selection is done randomly. The experimental and control class samples were 32 students each. The research design was a posttest-only control. Data collection techniques using cognitive learning outcome instruments on acid-base material technical data analysis in the form of inferential descriptive statistical analysis Hypothesis testing using covariance analysis Based on data analysis, the significance value obtained is 0.019 <0.05. So H1 is accepted. The conclusion of the study is that the application of the guided discovery learning model with a constructivism approach has a significant effect on cognitive learning outcomes.
Â
References
Abdullah. 2017. Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Jurnal Edureligia Vol. 01 No. 01. Hal. 45 – 62.
Adriani, et.al. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kontekstual untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Asam Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia Vol. 7 No. 1. Hal 25-34.
Adriantoni & Syafitri Altika. (2019). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN 33 Kalumbuk Kota Padang. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar Volume IX Edisi 1 hal 53 - 62.
Aprilia Rima. (2021). Pendekatan Konstruktivisme dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa Program Studi Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 04 (2), Hal 48 - 53.
Artawan G. dan Setiawan D. G. Y. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks biografi. Journal of Education Research and Evaluation. Vol. 1 (4) pp 217-235.
Dahliana, P., et al. (2018). Pengaruh Model Guided Discovery terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol. 06, No. 06, hlm 101 - 108. Doi: 10.24815/jpsi.v6i2.12477
Destrini, H., et al (2019). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.13-21
Fransiska, L., et al. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 68. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17214
Hamsyah E. F, et al (2017). Pengaruh Model Pengajaran Langsung dengan Pendekatan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Influence of Direct Teaching Approach Against Metacognitive Learning Outcomes Student Class X S. Jurnal Chemica, 18(1), 10–15.
Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1611
Huda M. (2019). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Jatisunda M. G. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol 2 No. 1 Juli 2017 hal 57 - 66.
Laisnima, et.al. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Arfak Chem: Chemustry Education Journal Vol. 3 No. 1. Hal. 193 - 207.
Lathifah D. N. (2021). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivisme pada Pembelajaran PAI di SDN 05 Tubanan-Kembang-Jepara. Jurnal Edukasi NonFormal Vol. 2 No. 2 hal 22 - 31.
Lestari, W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 64–74. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1724
Liadi, F., et al. (2018). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Bagi Siswa. Transformatif, 2(1), 305. https://doi.org/10.23971/tf.v2i1.926
Nurhafizah., et al. (2018). Deskripsi Pemahaman Konsep Materi dan Perubahannya Siswa Kelas X SMK SMTI Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol. 7 No. 9 DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i9.27968.
Nursidah, N., et al. (2019). Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar. Vidya Karya, 34(1), 26. https://doi.org/10.20527/jvk.v34i1.6387
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Cetakan 12. Prenadamedia Group. Jakarta.
Santi, J. (2015). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau di Kelas V SDN 3 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(3), 57–71.
Sari, R. T., et al. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas V Sd. Bio-Pedagogi, 8(2), 89. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.34725
Tiro, M.A. & Ahmar, A. 2014. Penelitian Eksperimen, merancang, melaksanakan, dan melaporkan. Adira Publisher. Makassar.
Ulumi, D. et al. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Journal Pendidikan Biologi, 7(2), 68–79.
Yunan M & Andriani R. 2019. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PKn. Civicus:Pendidikan Penelitian Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol No. 2 September 2019 hal 93 - 103.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).