NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH SMP

Authors

  • Dien Novita Turnip Program Studi Pendidikan IPS, Universitas Negeri Manado
  • Yunike Sulistyosari Program Studi Pendidikan IPS, Universitas Negeri Manado
  • Erick Lobja Program Studi Pendidikan IPS, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i4.20067

Keywords:

Character values, Social studies, Merdeka Curriculum, Social studies teacher, Students.

Abstract

Abstrak: Pendidikan karakter memainkan tugas utama untuk membangun karakter siswa serta persiapan mereka untuk menghadapi tantangan kehidupan di masyarakat. Terutama dalam pembelajaran IPS yang memiliki tujuan menjadikan siswa yang bertanggung jawab dan memiliki karakter. Adapun penelitian bertujuan untuk Menganalisis nilai-nilai Karakter pada pembelajaran IPS dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 4 Tondano dan Hubungan Pembelajaran IPS dengan Pengembangan Pendidikan Karakter. Metode ini menggunakan kualitatif dan observasi. Dalam penelitian, data primer dapat diperoleh melalui guru IPS dan beberapa siswa yang berkaitan dengan penelitian yang saya angkat. Teknik analisis data dalam penelitian saya menggunakan teknik triangulasi dengan cara data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan 2 guru IPS dan 5 siswa, dan analisis dokumen terkait kurikulum IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Tondano sudah terbilang cukup bagus karena sudah banyak yang diterapkan dimana dalam kurikulum pembelajaran IPS di sekolah saat ini, terdapat beberapa nilai-nilai karakter yang bisa ditemukan, seperti Sopan santun, Saling Menghormati, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan tanggung jawab.

Abstract: Character education plays a major role in building students' character and preparing them to face the challenges of life in society. Especially in social studies learning which has the aim of making students responsible and have character. The research aims to analyze character values in social studies learning in the Merdeka Curriculum at SMP Negeri 4 Tondano and the relationship between social studies learning and character education development. This method uses qualitative and observation. In research, primary data can be obtained through social studies teachers and several students who are related to the researchIconducted. The data analysis technique in my research uses triangulation techniques by collecting data through classroom observations, interviews with social studies two teachers and five students, and document analysis related to the social studies curriculum. The results of the research show that character education in social studies learning at SMP Negeri 4 Tondano is quite good because it has been widely implemented in the current social studies learning curriculum in schools, several character values can be found, such as courtesy, mutual respect, honesty, cooperation, tolerance, and responsibility.

References

Amelia, W., Marini, A., Nafiah, M., & Jakarta, U. N. (2022). Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2431

Amin, M. (n.d.). Peran Pembelajaran Ips Dalam Pembentukan Karakter Siswa.

Anggraeni, M., Alya Febriyani, S., Wahyuningsih, Y., & Rustini, T. (2022). Pengembangan Sikap Toleransi Siswa Sekolah Dasar Pada Keberagaman Di Indonesia. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), 16–24. https://doi.org/10.22437/gentala.v7i1.15694

Anggriana, M., Zulkifli, L., & Handayani, S. (2022). Hubungan Antara Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Negeri 2 Labuapi. Journal of Classroom Action Research, 4(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2014

Bachtiar, M., & Syakib, N. (2023). Impelementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Tantangan Dan Kepuasan Bagi Guru Pai Di Sdn Serang 21 Kota Serang. In Attadib: Journal of Elementary Education (Vol. 7, Issue 2).

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2020). Pendidikan Karakter Di Persekolahan. 1(2), 71–84.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, D. (2022). Mauizatul Hasanah (Vol. 8, Issue 1).

Juliani, A. J., & Bastian, A. (n.d.). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila.

Pangalila Theodorus Dr, T. J. C. I. R. N. J. V. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (T. I. R. V. Pangalila Theodorus, Ed.; Ag. Irfani). Anom Pustaka.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1565

Rika D., Suci L., Indra B., J. P. dan K. (2020). R De. 03(02), 67–78.

Saihu, S. (2019). Komunikasi Pendidik Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Khusus Asy-Syifa Larangan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 418–440. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter (Vol. 5).

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. 3(1), 8–19.

Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. 2(3), 954–960.

Sholihah, A. M. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. 12(1), 49–58.

Sipuan, S., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 815. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.815-830.2022

Sosial, A.-F. ;, & Budaya ; Al-Furqan, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5). https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Susilowati, E., Uin, P., & Jambi, S. (n.d.). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-

Published

2023-12-18

Issue

Section

Articles