PENGARUH PELAKSANAAN ORIENTASI STUDI DAN PENGENALAN KAMPUS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i4.20305Keywords:
Students, OSPEK, Character Building.Abstract
Abstrak: Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau disingkat OSPEK merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Himpunan Mahasiswa di bawah pengawasan pembantu rektor dengan tujuan memberi pengetahuan mengenai kehidupan di kampus terhadap mahasiswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak pelaksanaan OSPEK pada pembentukan karakter mahasiswa kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang menggunakan data melalui angket dalam bentuk Google Form. Analisis data menggunakan metode statistik inferensial, yakni mengumpulkan data untuk menghasilkan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Kimia dan Pendidikan Kimia. Hasil dari penelitian ini yaitu pelaksanaan OSPEK berdampak signifikan pada pengembangan manajemen waktu, kepedulian terhadap lingkungan, tanggung jawab terhadap tugas, dan keterampilan kerja dalam tim. Berdasarkan hasil penelitian, Universitas harus menjadi tempat pembentukan karakter serta OSPEK harus mencakup kegiatan membangun karakter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan OSPEK dapat menjadikan cara yang efektif untuk mempromosikan pengembangan karakter di antara mahasiswa.
Abstract: Study Orientation and Campus Introduction, or abbreviated OSPEK is an activity carried out by the Student Executive Body or the Student Association under the supervision of the assistant rector with the aim of giving knowledge about life on campus to new students. This study aims to understand the impact of the implementation of OSPEK on the formation of the character of a chemist student. The research method used is a quantitative method that uses data from a Google Form. Data analysis uses inferential statistical methods, i.e., gathering data to produce conclusions. The subjects in this study are students of chemistry and chemical education. The results of this study were that the implementation of OSPEK had a significant impact on the development of time management, care for the environment, responsibility for tasks, and teamwork skills. Based on the results of the research, the university should be a place of character formation, and OSPEK should cover character-building activities. The conclusion of this study is that the implementation of OSPEK can be an effective way to promote character development among students.
Â
References
Ardila, R. M., Nurhasanah, & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 79–85.
Fadli, M. R., & Osmawati, Y. (2022). Budaya Senioritas sebagai Penyebab Kekerasan Pelajar (Studi Kasus SMA X Jakarta Selatan). 4, 130–149.
Fatimah, F. N., Larasati, S. A., Sari, S. A., & Nasution, F. (2023). Peranan Psikologi dalam Pengembangan Sikap Positif Belajar Peserta Didik. 6(2), 88–92. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar
Gea, A. A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora, 5(2), 777. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133
Haniyfa, R. S., Rizki, M. N., & Maulana, M. R. (2019). Analisis Pragmatis Urgensi OSPEK: Drama Sosial yang Wajib Dilestarikan. Jurnal KSM Eka Prasetya UI, 1(2), 1–8.
Irfan, I. (2020). Pengaruh Pengetahuan Pendidikan Karakter terhadap Etiket Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Parit 5 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 18–36. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.56
Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00
Marom, A. (2014). 101226-ID-kebijakan-pemberian-pendidikan-karakter.pdf (pp. 37–44).
Masyudi, A. R., Damayanti, W., & Lushinta, I. P. (2023). Peran Guru dalam Mengurangi Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja melalui Pendidikan Karakter Moral , Spritual , dan Sosial. 6(3), 192–197.
Maulidiah, R. H., Nasution, T. A., Nita, Y. S. S., Sitorus, K. A. N., & Armadhan, S. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Hayya dan Implementasinya Bagi Peserta Didik. Jurnal Pena Edukasi, 9(1), 17. https://doi.org/10.54314/jpe.v9i1.874
Mustaqim. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif / Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Jurnal Intelegensia, 04(1), 1–9. https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1351
Ningrum, A. I. (2018). Bullying dan Kekerasan ( Studi Kualitatif Ospek Fakultas di Universitas Airlangga ). Jurnal Sosiologi Universitas Airlangga, 37.
Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. Jipsindo, 8(1), 29–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954
Paramono, D., Ristiono, H., & Bhakti, C. P. (2019). Model Program Pengenalan Kampus Untuk Mengembangkan Kesiapan Karir Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 1(1), 308–314. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/3275
Safi’i, I. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Alat Evaluasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 74–83. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21676
Saputri, R. A. (2019). Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan siswa SD Bakalan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Basic Education, 8(15), 1424–1433. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/15187
Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 15. Fondatia, 4(1), 158–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.466
Wita, S., & Ummami, W. (2021). Peran Bahan Ajar Berbasis Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup di Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Basicedu, 5(5), 3755–3764. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1262
Yuniarti, R. (2022). Kesalahan Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Deskriptif Dan Statistika Inferensial. Jurnal Sains Matematika Dan Statistika, 8(1), 46. https://doi.org/10.24014/jsms.v8i1.13312
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).