PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MELALUI ARITMATIKA DI TK KARTIKA I-61 PADANG

Authors

  • Nur’aini Malik Universitas Negeri Padang
  • Serli Marlina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i2.2800

Abstract

Abstrak: Latar belakang dari penelitiaan ini dapat kita lihat bahwa kemampuan mengenal bilangan, konsep bilangan, penjumlahan dan pengurangan anak masih rendah, artinya perkembangan kognitif dan konsep dasar matematika mengalami hambatan dan belum berkembang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif. Anak belum bisa mengurutkan bilangan secara berurutan dari 1-20, Selain itu kurangnya tingkat keaktifan anak dalam belajar dan penggunaan metode yang kurang tepat dalam pembelaran dengan menggunakan cerita saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Matematika Anak Melalui Metode Aritmatika,melalui  media Stik dan Penjepit buah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian anak usia dini kelompok B1 berjumlah 15 orang anak terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi dan hasil penilaian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian tentang peningkatan kemampuan berhitung  matematika melalui Media Stik dan penjepit buah yang telah dilaksanakan di TK Kartika I-61 terjadi peningkatan keberhasilan pada akhir siklus I sebesar 27% namun peningkatan ini belum sesuai dengan perkembangan anak maka peneliti dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berhitung matematika  anak  melalui  media Stik dan penjepit buah, hal  tersebut  menunjukkan  kemampuan anak kategori Berkembang Sangat Baik. Simpulannya bahwa media stik dan penjepit buah dapat meningkatkan kemampuan berhitung matematika anak kelompok B1 di Taman Kanak-kanak Kartika I-61 Padang.

Abstract: The background of this research can be seen that the ability to recognize numbers, the concept of numbers, addition and subtraction of children is still low, meaning that cognitive development and basic mathematical concepts experience obstacles and have not developed according to the stage of cognitive development. Children have not been able to sort numbers sequentially from 1-20, besides the lack of children's activity level in learning and the use of inaccurate methods in learning using stories only. The purpose of this study was to improve children's mathematical abilities through arithmetic methods, through the media of sticks and fruit tongs. This type of research is classroom action research. The research subjects of early childhood group B1 were 15 children consisting of 8 boys and 7 girls. This research was conducted in two cycles, each cycle carried out three meetings. The techniques used in data collection are observation and documentation and the results of the assessment are processed by percentage techniques. The results of the research on increasing the ability to count mathematics through the media of sticks and fruit pincers that have been implemented in Kindergarten Kartika I-61 have an increase in success at the end of cycle I by 27%, but this increase is not in accordance with children's development, so the researcher continues to cycle II. In the second cycle, there was an increase in the children's mathematical arithmetic ability through the media of sticks and fruit pincers, this shows the ability of children in the very good development category. The conclusion is that the stick and fruit clip media can improve the math arithmetic ability of group B1 children in Kindergarten Kartika I-61, Padang.

Author Biographies

Nur’aini Malik, Universitas Negeri Padang

Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

Serli Marlina, Universitas Negeri Padang

Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Anak Berkesulitan Belajar, 131.

Agustin, M. (2014). Hakikat Bimbingan dan Konseling untuk Anak Usia Dini. Modul, 1, 1–31. file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/PAUD4406-M1_2.pdf

Al Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA SD MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 30. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71

Dan Ninik Yuliani, R. I. K. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BOWLING KALENG. UNIVERSUM, 10(1). https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.224

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21. Gaya Media, 26.

Fatmawati, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 325–336. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3597

Hafiyusholeh, M. (2015). Literasi Statistik dan Urgensinya Bagi Siswa. Wahana, 64(1), 1–8.

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. aá¹£-á¹£ibyÄn: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 60–71. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193

Kurniasih, E., Rachmiazasi, L. M., & Agustina, D. A. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Menyongsong Hidup Berkualitas Berbasis Blanded Learning. Prosiding temu ilmiah nasional guru, 349–358.

Mahmud, & Tedi Priatna. (2018). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. In International Journal of Physiology (Vol. 6, Number 1). http://digilib.uinsgd.ac.id/9635/1/FINAL BUKU PTK PENELITIAN KELAS.pdf

Nurjannah, N. (2017). MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KETELADANAN. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05

Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52–65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312

Rahmawati, N. A. (2015). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Tawanreja, Bareng, Klaten. Jurnal Involusi Kebidanan, 5(15), 7. http://jurnal.stikesmukla.ac.id/index.php/involusi/article/view/196

Slameto, S. (2015). IMPLEMENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58

Sutini, A., & Rahmawati, M. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Model Pembelajaran BALS. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 49–60.

Suyanto, S. (2015). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898

Syaharuddin, S., Pramita, D., & Sirajuddin, S. (2019). PENGENALAN OPERASI TAMBAH KURANG MELALUI PERMAINAN CONGKLAK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 01. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.900

Widayati, A. (2014). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793

Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. (2017). PERBEDAAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 3-6 TAHUN DENGAN PENDIDIKAN USIA DINI DAN TANPA PENDIDIKAN USIA DINI DI KECAMATAN PETERONGAN JOMBANG. Biomedika, 8(1). https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i1.2900

Published

2020-08-28

Issue

Section

Articles