MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i2.2804Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Team Game Tournament, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.Abstract
Abstrak: Rendahnya motivasi belajar siswa dalam menerima pelajaran yang ditandai dengan siswa pasif dalam proses pembelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang disampaikan dikelas sehingga menganggap pembelajaran matematika adalah pelajaran yang membosankan. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang bisa membuat siswa aktif dan termotivasi dalam pemeblajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tuornamen (TGT) berbantuan media android dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 30% sedangkan rata-rata peningkatan motivasi belajar sebesar 38.12. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tuorrnamen (TGT) berbantuan media android dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jadi, model pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar.
Abstract: Â The low motivation of learning students in receiving lessons characterized by passive students in the learning process and less attention to the teacher's explanation of the material submitted in class so consider math learning is a boring lesson. Therefore, a learning model is needed that can keep students active and motivated in learning. The purpose of this study is to know the implementation of cooperative learning type Team Games Tournament (TGT) assisted by android media in improving student learning outcomes. This research is a class action study. The results of the data analysis showed that there was a 30% increase in learning completeness from cycle I to cycle II while the average increase in learning motivation was 38.12. So it can be concluded that the implementation of team games tournament (TGT) cooperative learning model assisted by android media can improve students' motivation and learning outcomes. Thus, this learning model can be used by teachers as one of the alternative learning models that can make students more active in the learning process of teachingReferences
Abdillah, Syaharuddin, Pramita, D., & Negara, H. R. P. (2018). Peningkatan Global Media and Information Literacy Professional Network (GMILPN) MGMP Matematika di NTB. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 1(1), 1–9.
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Fuji, R. A., Uus, M., & Cucu, L. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournamen) Terhadap Peningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 4, pp. 113–119.
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Isnawan, M. G., & Wicaksono, A. B. (2018). Model Desain Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 47. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.935
Jumarlis, M. (2016). Implementasi Algortima LCM pada Game Edukasi Matematika untuk Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 5(2), 107–114.
Mahsup, Abdillah, S. (2018). Peningkatan Penguasaan Konsep Lingkaran Dengan Metode Penemuan Bagi Mahasiswa. Paedagoria, 9(2), 91–96.
Mandailina, V., Saddam, S., Ibrahim, M., & Syaharuddin, S. (2019). UTAUT: Analysis of Usage Level of Android Applications as Learning Media in Indonesian Educational Institutions. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 2(3), 16. https://doi.org/10.31764/ijeca.v2i3.2080
Mandalina, V., Syaharuddin, Firdaus, M., Abdillah, Pramita, D., & Negara, H. R. P. (2019). Math mobile learning app as an interactive multimedia learning mathematics. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 2548–2550.
Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887
Prasetyo, Y. D., Yektyastuti, R., Solihah, M., Ikhsan, J., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Aandroid Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Sains, (November), 252–258.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Wijaya Kusuma, D. D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. In Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (p. 24).
Zakiy, M. A. Z., Muhammad, S., & Farida. (2018). Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika. TRIPLE S:Jourals of Mathematics Education, 1(2), 87–96.
Zughoiriyah, B., Sulastri, N. M., & Tirtayani, L. A. (2015). Penerapan Team games Tournamen Berbantuan Media Kartu Domino Untuk meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. E-Journal PG Paud Universitas Pendidikan Ganesha.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).