PENERAPAN PENDEKATAN PENGAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i2.2822Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Menulis, Motivasi.Abstract
Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini untuk melihat peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis paragraf argumentasi dilaksanakan di kelas X SMAN 1 Praya Tengah mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan metode pengumpulan data observasi, interview, dan dokumentasi. Diperoleh hasil pada siklus I kategori kemampuan kelompok pada siswa dalam menulis paragraf argumentasi adalah 68.69 berada pada kategori normal terhadap angka 50 – 78. Rata-rata siswa belum mencapai standar kriteria minimal yaitu 75. Dan pada siklus II diperoleh rata-rata 82.03 berada pada kategori normal dari rentang angka 78 – 91. Disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis paragraf argumentasi di kelas X SMAN 1 Praya Tengah dapat meningkatan hasil belajar dan motivasi siswa.
Abstract:  This classroom action research to see the improvement of students' learning outcomes and motivation through the application of problem-based learning approaches in Indonesian subjects of argument paragraph writing materials was carried out in class X of SMAN 1 Praya Tengah Indonesian subjects with methods of collecting observational data, interviews, and documentation. The result in cycle I of the group ability category in students in writing argument paragraphs was 68.69 being in the normal category against the numbers 50 – 78. The average student has not reached the minimum criteria standard of 75. And in cycle II obtained an average of 82.03 is in the normal category of the number range 78 – 91. It concluded that the application of problem-based learning approach to Indonesian subjects of argument paragraph writing in class X SMAN 1 Praya Tengah can improve student learning outcomes and motivation.References
Musthofa, M. (2014). Implikasi Kurikulum 2013 Terhadap Proses Belajar Mengajar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.881
Arianti, R. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Siswa Kelas X Akuntansi …. … Bahasa dan Sastra Indonesia V3i2 (194 …. http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/jurnal-gramatika/article/view/1890
Baehaki, I., & Cahyani, I. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Teknik Rumpang Melalui Media Gambar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 164. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2707
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Habib Ratu Putra Negara, Syaharuddin Syaharuddin, Kiki Riska Ayu Kurniawati, A. A. (2019). Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Penerapan Edugame dan Eledu Berbasis Android. Proceeding National Conference: Education, Social Science, and Humaniora, 1(1), 85–87.
Hidayatullah, R., Muhardini, S., & Haifaturrahman. (2017). Pembelajaran Inovatif Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Meta-Sintesis). Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif, 486–494.
Inayah, R. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1. In Jurnal pendidikan insan mandiri (Vol. 1, Number 1, pp. 1–13). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2ekonomi/article/view/1899
Kurni, D. K., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 39–45. http://www.universitas-trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/232/160
Made, W. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif kontenporer. In Bumi Aksara. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Mahmud, & Tedi Priatna. (2018). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. In International Journal of Physiology (Vol. 6, Number 1). http://digilib.uinsgd.ac.id/9635/1/FINAL BUKU PTK PENELITIAN KELAS.pdf
Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887
Nugraha, A. P., MS, Z., & Bintoro, T. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 19. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11647
Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v3i2.83
Primasari, Y. (2017). Meningkatkan Minat Menulis Siswa Jaman Now. Essay Mahasiswa PGSD.
Rohayah, A. A., & Arinda, A. (2017). Teknik Analisis Data Kuantitatif. ABA Journal, 102(4), 24–25. https://doi.org/10.1002/ejsp.2570
Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58
Syaparuddin, Meldianus, & Elhami. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42.
Widayati, A. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793
Yuliati, Y. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Think Pair and Share dengan Pemberian Guided Questions System pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 649. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4971
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).