PENERAPAN TEKNIK PENGAWASAN AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR MENGHADAPI ERA DIGITAL

Authors

  • Kusnadi Saleh UPTD SDN Karangpenang Oloh I Kabupaten Sampang Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i1.2825

Keywords:

Teknik supervisi, Kepala sekolah, Era digital

Abstract

Abstrak: Pengawasan adalah bagian dari manajemen berbasis sekolah. Supervisi akademik oleh kepala sekolah seorang pendidik sangat penting untuk memahami kekuatan dan kelemahan fakultas. Beberapa teknik supervisi akademik dapat digunakan untuk melaksanakan supervisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik supervisi akademik utama bagi tenaga pendidik dalam merespon era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pencatatan. Penelitian dilakukan di SD Negeri  karangpenang Oloh I Kecamatan  karangpenang  Kabupaten Pamekasan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kepala sekolah menggunakan teknologi supervisi akademik kunjungan kelas, dalam hal ini kepala sekolah mengamati secara langsung kegiatan pembelajaran di kelas. Kepala sekolah kemudian menggunakan teknologi pertemuan pribadi saat memberikan bimbingan kepada pendidik. Dalam penerapan teknologi supervisi tenaga pendidik kemampuan kepala sekolah sangat diperlukan, karena teknologi supervisi sangat beragam dan dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

 

Abstract: Supervision is part of school-based management. Academic supervision by the principal of an educator is very important to understand the strengths and weaknesses of the faculty. Several academic supervision techniques can be used to carry out supervision. This study aims to determine the implementation of the main academic supervision techniques for educators in responding to the digital era. This study uses a qualitative method. The data collection techniques used were observation, interview and note taking. The research was conducted at SD Negeri  karangpenang Oloh I,  karangpenang  District, Pamekasan Regency. The result of this research is that the principal uses class visit academic supervision technology, in this case the principal observes directly the learning activities in the classroom. Principals then use private meeting technology when providing guidance to educators. In the application of supervisory technology, the ability of school principals is needed, because supervision technology is very diverse and can be implemented according to the conditions of each school.

References

Altar, H. (2014). Peningkatan Disiplin Kehadiran Mengajar Guru Di Kelas Melalui Keteladanan Kepala Sekolah Di Smp Negeri 5 Sengkang Kabupaten Wajo. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 92–109. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a7

Damayanti, W. (2016). Peningkatan Mutu Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Di Smk Negeri 1 Salatiga Menghadapi PKG 2016 ( Solusi Perubahan dengan Gabungan Model Supervisi Akademik Artistic Model dan Cooperative Development Model ). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 80–86.

Handriyani, P. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI (Studi Kasus di SD se-Kecamatan Sregen Tahun 2016)

Imran. (2018). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Di Sma Negeri 1 Maligano Kabupaten Muna Tahun 2014. Jurnal Gema Pendidikan, 25, 1–10.

Kodariah, W., Herawan, E., Sutrasih, C., & Indonesia, U. P. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Guru Dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.XXIII(2), 123–133.

Kustiyah. (2017). Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dengan Pendekatan Individual Di SD CANDI 01 KEcamatan candisari kota. Malih peddas, 7, 11–20.

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Metriza. (2016). Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Profesional Mengajar Guru.

Nitiasih, P. K. (n.d.). Pelatihan Penelitian Tindakan Sekolah (Pts) Pembelajaran Terpadu Kepala Sekolah Dan Pengawas Sd Dengan Reflective Model. Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha, 34–42.

Pohan, N. (2017). Peran supervisi kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas pokok guru: penelitian tindakan sekolah. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 132–139.

Ramadhan, E. (2019). Pembinaan kinerja guru melalui kegiatan supervisi akademik kepala sekolah di sd an-nisaa ’ tangerang selatan 2019 m / 1440 h supervisi akademik kepala sekolah di. Jurusan manajemen pendidikan fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan universitas islam negeri syarif hidayatullah.

Rohimah. (2014). Pelaksanaan Supervisi Klinis Di Sekolah Upaya Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Kecamatan karangpenang Kabupaten Pamekasan.

Sarumaha, D. (n.d.). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Berkesinambungan Di Smk Negeri 2 Fanayama, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan.

Sawiningsih, S. (2010). Penggunaan Metode Penemuan Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Konsep Penjumlahan Kelas Ii Semester I Sdn Bedoro 2 Sambungmacan Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. In Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (Vol. 60). https://doi.org/10.1093/occmed/kqq062

Suwartini, E. A. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV, (2), 62–70.

Ujarwanto, P. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam.

Published

2020-08-28

Issue

Section

Articles