MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KPK DAN FPB DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Sukarti Sukarti SDN Bringin II Tambelengan Sampang Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i1.2826

Keywords:

Hasil Belajar, KPK dan FPB, Number Heads Together.

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja matematika siswa dengan menggunakan model Number Heads Together untuk meningkatkan kemampuan KPK dan FPB minimal 65 untuk mencapai KKM (65) Model tersebut membimbing siswa dalam bekerja sama, bertanya dan menjawab, menemukan jawaban, dan menjelaskan Proaktif dalam hal penjelasan dan penjelasan, serta memperhatikan materi yang dikenalkan oleh teman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh rekan peneliti dan guru IV  SDN Bringin II Tambelengan melalui 3 siklus. Lakukan 2 pertemuan per siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil yang dicapai pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase aktivitas siswa adalah 57,7%. Pada siklus II persentase aktivitas siswa 69,5%, siklus III persentase aktivitas siswa 80%. Demikian pula hasil evaluasi siswa pada setiap siklus juga mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata 59,11 dan hanya 7 siswa atau 41% dari nilai ketuntasan dapat dilihat pada Lampiran 17 halaman 100. Pada siklus II nilai rata-rata 64,85 dengan 11 siswa atau 64% ketuntasan. Pada siklus III nilai rata-rata 78,23% dan 17 siswa atau 100% tuntas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran “Leading Numbers†dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV  SDN Bringin II Tambelengan.

Abstract: The purpose of this study was to determine the increase in student achievement. The purpose of this study was to improve students' mathematical performance by using the Number Heads Together model to improve the ability of the Corruption Eradication Commission and FPB at least 65 to achieve KKM (65). This model guides students in working together. , ask and answer, find answers, and explain Proactive in terms of explanations and explanations, as well as pay attention to the material introduced by friends. The type of research used is classroom action research (PTK) conducted by fellow researchers and teachers IV SDN Bringin II Tambelengan through 3 cycles. Do 2 meetings per cycle. Each cycle consists of four activities, namely planning, implementing actions, observing and evaluating, and reflecting. Based on the research results, the results achieved in each cycle have increased. In the first cycle, the percentage of student activity was 57.7%. In the second cycle the percentage of student activity was 69.5%, the third cycle the percentage of student activity was 80%. Likewise, the results of student evaluations in each cycle also increased. In the first cycle, the average score was 59.11 and only 7 students or 41% of the completeness value can be seen in Appendix 17 on page 100. In the second cycle, the average score was 64.85 with 11 students or 64% completeness. In the third cycle, the average score was 78.23% and 17 students or 100% complete. Based on the results obtained, it can be seen that the use of the learning model "Leading Numbers" can improve mathematics learning outcomes for fourth-grade students of SDN Bringin II Tambelengan.

References

Agustina, C. T. (2015). Peningkatan Kemampuan Membawakan Model Pembelajaran Bermain Peran Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Universitas Tanjungpura, 1–13.

Desi Ratnasari, Roemintoyo, W. (2018). Implementasi teknik supervisi akademik kepala sekolah terhadap pendidik di sekolah dasar untuk menghadapi era digital. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(November), 1–4.

Fatimah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Statistik Melalui Model Group Investigation Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas Xi Ipa 2 Semester I SMA 15 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 4(April), 1–305.

Gayatri, G., & Wirakusuma, M. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Proporsal Penelitian Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi, 14(2), 1539–1554.

Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63–74. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.270

Imron, A. (2007). Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Kepala Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pembelajaran.

Kurniasih, S. (2015). Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Pada Siswa Kelas Va Sd Negeri 2 Klaten. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Yogyakarta Email:, 1(1), 1–3.

Lestari, S. (2010). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Bangun Ruang Siswa Kelas IV SD. In Arhiv za Higijenu Rada i Toksikologiju (Vol. 60). https://doi.org/10.1093/occmed/kqq062

Riduansyah. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Melalui Strategi Pembelajaran Metode Bermain Peran (Role Playing) (Studi Pembelajaran Pada Siswa Kelas XII IPS Sma Negeri 2 Banjarmasin). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rohimah. (2014). Pelaksanaan Supervisi Klinis Di Sekolah Upaya Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar.

Sari, D. N. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Di Sdm 21 Surakarta.

Sari, N. P. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas VIIB SMP N 2 Kasihan. (2).

Sawiningsih, S. (2010). Penggunaan Metode Penemuan Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Konsep Penjumlahan Kelas II Semester I SDN Bedoro 2 Sambungmacan Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. In Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (Vol. 60). https://doi.org/10.1093/occmed/kqq062

Sulasteri. (2011). Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Tutor Sebaya Di Kelas IV B SD Negeri 1 Natar. In Laporan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Meningkatkan. Retrieved from http://ridum.umanizales.edu.co:8080/jspui/bitstream/6789/377/4/Muñoz_Zapata_Adriana_Patricia_Artículo_2011.pdf

Triyono. (2008). Triyono: Penelitian Tindakan Kelas: Apa dan Bagaimana Melaksanakannya? Seminar Guru-Guru Se UPDT Sumpiuh, pp. 1–17.

Published

2020-08-28

Issue

Section

Articles