MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro)

Authors

  • Shofiyullahul Kahfi IAINU Tuban
  • Ria Kasanova Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i1.2827

Keywords:

Investigasi, Manajemen Pendidikan, Pandemi.

Abstract

Abstrak: Dunia dihebohkan dengan tersebarnya Pandemi Covid-19 yang menyebar keseluruh dunia termasuk Indonesia. seiring dengan kondisi dunia yang seperti ini, Pondok pesantren yang merupakan pendidikan tradisional karena mempunyai kekhasan tersendiri dalam sistem pendidikannya. Harus bisa mengatur dan mengelola dengan baik lembaganya, sebagai upaya pemeliharaan pesantren agar tetap survive di tengah masa pandemi ini. Lebih jauh pondok pesantren perlu mengadakan inovasi atau terobosan terkait tatakelola atau manajemen kepesantrenan seiring dengan kondisi yang dihadapi nya.  Pondok Pesantren Manbaul ulum Kedungadem Bojonegoro mengeluarkan kebijakan-kebijakan guna bertahan dalam masa pandemi. Adanya pandemi ini menyebabkan lemahnya kegiatan belajar mengajar, Administrasi kelembagaan ddan terguncangnya ekonoomi pesantren, Kegiatan belajar mengajar harus tetap dilakukan dengan metode pembelajaran online diantaranya, demi mengikuti arahan pemerintah tentang pencegahan penyebaran pandemi yang lebih luas, begitu juga perekonomian harus bertahan dan tetap stabil bahkan harus memanfaatkan peluang dan tantangan yang ada.

 

Abstract:  The world was shocked by the spread of the Covid-19 Pandemic which spread throughout the world, including Indonesia. Along with world conditions like this, Islamic boarding schools are traditional education because they have their uniqueness in the education system. Must be able to properly organize and manage the institution, as an effort to maintain the pesantren to survive amid this pandemic. Furthermore, Islamic boarding schools need to make innovations or breakthroughs related to management or management of the pesantren in line with the conditions they are facing. Pondok Pesantren Manbaul ulum Kedungadem Bojonegoro issued policies to survive the pandemic. The existence of this pandemic has resulted in weak teaching and learning activities, institutional administration, and the economic shock of Islamic boarding schools. Teaching and learning activities must continue to be carried out using online learning methods including, to follow government directions on preventing the wider spread of the pandemic, as well as the economy must survive and remain stable and even have to take advantage of the opportunities and challenges that exist.

References

Arista, P. V. N. (2015). Manajemen Pembelajaran Di Pondok Pesantren Takwinul Muballighin Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/27005/

Desi Ratnasari, Roemintoyo, W. (2018). Implementasi teknik supervisi akademik kepala sekolah terhadap pendidik di sekolah dasar untuk menghadapi era digital. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(November), 1–4.

Fadillah, M. K. (2015). Manajemen Mutu Pendidikan Islam di Pesantren (Studi di Pondok Modern Darussalam Gontor). Jurnal At-Ta’dib, 10(1), 115–137.

HAMZAH, S. N. A. (2015). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Mengembangkan Kewirausahaan Berbasis Agrobisnis (Studi Multi-Kasus di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan Pondok Pesantren Nurul Karomah Pamekasan Madura). In Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Vol. 151). https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63–74. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.270

Ismiatun, E. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pai Siswa Kelas Vii D Smp N 2 Pandak Bantul.

Janan Asifudin, A. (2017). Manajemen Pendidikan untuk Pondok Pesantren. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 355–366. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-10

Kemdikbud. (2020). Buku Saku Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. In Kemendikbud (Vol. 2019). Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/buku-saku-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Maharani, D. I., Y, M. H. A., & Arifin, I. (2016). Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.17977/um025v1i12016p017

Muklasin. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter Santri (Studi Kualitatif Di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Margodadi Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus).

NASRULOH. (2019). Dalam Pembentukan Sikap Kemandirian Santri Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

Nurmadiansyah, M. T. (2016). Manajemen Pendidikan Pesantren: Suatu Upaya Memajukan Tradisi. Jurnal MD, 2(1), 95–115.

Omer, N. (2005). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464–468.

P.W, D. M. . A. (2013). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Menginte- Grasikan Kurikulum Pesantren Dengan Pendidi- Kan Formal. Edu Islamika, Volume 5(No. 02), 1–36.

Pasaribu, A. (2018). Strategi Penerapan Manajemen Di Pondok Pesantren Dalam Membentuk Da ’ I ( Study Kasus Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru , Mandailing Natal ) Strategi Penerapan Manajemen Di Pondok Pesantren Dalam Membentuk Da ’ I ( Study Kasus Pondok Pesantren Mus.

Ramadhan, E. (2019). Pembinaan Kinerja Guru Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di Sd An-Nisaa ’ Tangerang Selatan 2019 M / 1440 H Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Salim, S., & Makhshun, T. (2018). Manajemen Pesantren Mahasiswa (Studi Kasus Manajemen Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin Yogyakarta). Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 58–69. https://doi.org/10.30659/JSPI.V1I2.3209

Sari, D. N. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Di Sdm 21 Surakarta.

Sari, N. P. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Pada Siswa Kelas Viib Smp N 2 Kasihan. (2).

SAWININGSIH, S. (2010). Penggunaan Metode Penemuan Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Konsep Penjumlahan Kelas II Semester I SDN Bedoro 2 Sambungmacan Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. In Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (Vol. 60). https://doi.org/10.1093/occmed/kqq062

Susanto, D. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Santri Berbasis Teknologi Tepat Guna Di Pondok Pesantren (Perspektif Dakwah). Jurnal Ilmu Dakwah, 37(2), 247–283. https://doi.org/10.21580/jid.v37.2.2707

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Tahmil. (2017). Manajemen Pondok Pesantren Yadi Bontocina Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. In Ekp (Vol. 13).

Tolib, A. (2015). Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern. Risalah, 1(1), 60–66.

UNICEF. (2020). COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia Agenda Tindakan untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomi. In Journal of education, pshycology and counseling (Vol. 2). Retrieved from www.unicef.org

Published

2020-08-28

Issue

Section

Articles