PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP PENINGKATAN MINAT PESERTA PELATIHAN TEKNIS (ADULT LEARNING) DI BALAI PELATIHAN KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i2.2830Keywords:
Minat Belajar, Media Power Point, Peserta Pelatihan.Abstract
Abstrak: Minat belajar penting untuk mendorong peserta mengikuti proses pelatihan dan mendapatkan keterampilan teknis yang diperlukan. Salah satu upaya yang dilakukan para widyaiswara untuk meningkatkan minat belajar adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti penggunaan Power Point. Penelitian ini menggunakan  penelitian Pra Eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Populasi adalah peserta pelatihan teknis yang mengikuti pelatihan di Bapelkes Provinsi Kalimantan Selatan yang diambil secara accidental sampling. Uji wilcoxon mendapatkan bahwa nilai p value sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap peningkatan minat peserta pelatihan teknis di Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.
Abstract: Â Interest in learning is important to encourage participants to follow the training process and acquire the necessary technical skills. One of the efforts made by the widyaiswara to increase interest in learning is by using attractive learning media such as the use of Power Points. This research uses pre-experimental research. The instrument used was a questionnaire. The population was technical training participants who attended training at Bapelkes which were taken by accidental sampling. The Wilcoxon test found that the p value of 0,000 was smaller than 0.05, meaning that there was an effect of using power point learning media on increasing the interest of technical training participants at the South Kalimantan Provincial Health Training Center.References
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaranitle. Raja Grafindo Persada.
Budiman. (2013). Penelitian Kesehatan (2nd ed.). Refika Aditama.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Gava Media.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104. http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp
Fitriyani, D., Tantowi, & Basri, M. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa. Pendidikan, 01.
Hamalik, O. (2012). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.
Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2).
Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(01), 65–71.
Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31–41.
Miarso, Y. (2015). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.
Muhibbin, S. (2012). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (3rd ed.). PT. Rineka Cipta.
Oktapia, D., Asmara, Y., & Yati, R. M. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPS pada Siswa dengan Media Pembelajaran Power Point. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 169–174. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.941
Sardiman, A. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.
Sari, P. (2019). Analisis terhadap kerucut pengalaman Edgar Dale dan keragaman gaya belajar untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, I(1). https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/27
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya (2nd ed.). Rineka Cipta.
Soebroto, T., Priatmoko, S., & Siyamita, N. (2009). Pengaruh Media Visual Di Ruang Kelas Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 400–405.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (21st ed.). Remaja Rosdakarya.
Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1).
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2011). Teknologi komunikasi & informasi pembelajaran (F. Yustianti (ed.)). Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).