PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Authors

  • Masni Veronika Situmorang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i2.2837

Keywords:

Group Investigation, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA yang terdiri atas 2 kelas. Sementara sampel penelitian adalah total sampling (sampel total) sebanyak 35 orang untuk kelas Group Investigation (kelas XI IA-1); dan 35 orang untuk kelas Konvensional (kelas XI IA-2). Melalui uji persyaratan, hasil belajar siswa memiliki distribusi normal.. Melalui pembelajaran Group Investigation diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 81,67; sedangkan dengan menggunakan Konvensional diperoleh sebesar 75,37. Kemudian hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-F (analisis varians satu arah) dengan taraf kepercayaan =0,01; sehingga diperoleh Fhitung> Ftabel (13,86 > 4,81). Hal ini berarti  bahwa Ho ditolak dan  Haditerima. Dengan kata lain bahwa penggunakan Group Investigation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Abstract: This study aims to determine the effect of the Group Investigation learning model on student learning outcomes. The population used in this study were all students of class XI IA which consisted of 2 classes. While the research sample is total sampling (total sample) of 35 people for the Group Investigation class (class XI IA-1); and 35 people for the conventional class (class XI IA-2). Through the test of requirements, student learning outcomes have a normal distribution. Through Group Investigation learning, it was obtained an average learning outcome of 81.67; whereas by using Conventional it was obtained 75.37. Then the learning outcomes obtained were analyzed using the F-test (one-way analysis of variance) with a confidence level of ∠= 0.01; so that we obtain Fcount> Ftable (13.86> 4.81). This means that Ho is rejected and Had accepted. In other words, the use of Group Investigation has a significant effect on student learning outcomes.

Author Biography

Masni Veronika Situmorang, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Pendidikan Biologi, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faujiyah, C. R., Suhada, I., & Hartati, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 7(1), 64–75. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2454

Isjoni. (2013). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningsih, S., Kurniah, N., & D, D. (2016). Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif. Jurnal Ilmiah Potensia, 1 (2)(2), 100–106. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Qudsyi, H., Indriaty, L., Herawaty, Y., Saifullah, -, Khaliq, I., & Setiawan, J. (1970). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma. Proyeksi, 6(2), 34. https://doi.org/10.30659/p.6.2.34-49

Richvana, A., Dwiastuti, S., & Prayitno, B. A. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Tingkat Kreativitas Siswa Kelas X SMAN 2 Karanganyar. Pendidikan Biologi, 4(1), 1–14.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Sari, N. M., Eurika, N., Biologi, P., Jember, U. M., & Belajar, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Apllication of Group Investigation Learning. 1, 29–41.

Semester, V. I. I., Mtsn, I. I., Raya, P., & Pelajaran, T. (2015). Tadris Biologi FTIK IAIN Palangka Raya 141. 3, 141–148.

Sudjana. (2010). Statistika. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 37–44. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-2.6

Yahya, M. (2010). Pengantar Pendidikan. Bandung: Solo.

Published

2020-09-02

Issue

Section

Articles