PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS X MA
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i1.2878Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan model pembelajaran inquiry. penelitian ini menggunakan 2 (dua) siklus yang masing-masing siklus dilakukan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalah yang muncul dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas X MIA MAN 3 Kota Mataram berdasarkan hasil observasi peneliti dalam observasi awal, diantaranya: masih rendahnya hasil belajar siswa dan minimnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran SKI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata pada siklus I adalah 75 dan pada siklus II sebesar 85. Untuk persentase ketuntatasan klasikal pada siklus I sebesar 59% dan pada siklus II sebesar 81%. Sedangkan untuk kriteria pada siklus I belum berhasil dan siklus II berhasil. Maka berdasarkan standar ketuntasan klasikal yakni > 80% dapat disimpulkan bahwa model inquiry yang digunakan peneliti dalam penelitian ini dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas X MIA MAN 3 Kota Mataram tahun pelajaran 2019/2020.
Abstract: Â This research is a class action study that aims to improve students' learning outcomes in SKI subjects by using the inquiry learning model. This study uses 2 (two) cycles in which each cycle carried out planning, implementation, observation and reflection measures. This research is based on several problems that arise in the study of Islamic Cultural History (SKI) in class X MIA MAN 3 Mataram city based on the results of the researchers' observations in the initial observations, among others: the low learning outcomes of students and the lack of use of learning models used by teachers in SKI learning. The results of this study show that the average score in cycle I is 75 and in cycle II by 85. For the percentage of classical reasoning in cycle I is 59% and in cycle II by 81%. As for the criteria in cycle I has not been successful and cycle II is successful. Therefore, based on classical completed standards of 80% it can be concluded that the inquiry model used by researchers in this study can be said to be successful in improving students' learning outcomes in ski subjects class X MIA MAN 3 Mataram city year 2019/2020.References
DAFTAR RUJUKAN
Kasnun, K., Maslihah, R. E., & Hasnawan, D. (2019). Penerapan Strategi Inquiry Learning Dalam Pembelajaran Mufradat Berbasis Modified Free Inquiry. Kodifikasia, 13(1), 1. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v13i1.1676
Mahmud, & Tedi Priatna. (2018). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. In International Journal of Physiology (Vol. 6, Number 1). http://digilib.uinsgd.ac.id/9635/1/FINAL BUKU PTK PENELITIAN KELAS.pdf
Mawarti, S. (2015). Memahami Hakikat Pembelajaran Dalam Islam Sebuah Model-Model dan Metode. MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman, 49–74.
Mulyani, F. (2015). Konsep kompetensi guru dalam undang-undang nimor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Jurna Pendidikan Universitas Garut, 03(01), 1–8. www.journal.uniga.ac.id
Musgamy, A. (2017). Quantum Learning Sebagai Proses Pembelajaran Bahasa Arab Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 6(1), 145–155. https://doi.org/10.24252/ad.v6i1.4871
Nugraha, M. G., Kirana, K. H., & Saepuzaman, D. (2014). Efektifitas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 43–47.
Nuraini, N., Tindangen, M., & Maasawet, E. (2016). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry Dan Permasalahan Siswa Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2066–2070. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7653
Puspitasari, A. D. (2015). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Journal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1 No. 2(2), 3.
Rahayu, T. (2018). Penerapan Inquiry Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Tulungrejo Tulungagung. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 175. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.172
Retyanto, B. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry TerbimbingBerbasis Pandangan Ki Hadjar Dewantara untuk Menumbuhkan Kompetensi Unggul di SMP. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 2(01), 28. https://doi.org/10.32699/spektra.v2i01.5
Sarkati, S. (2015). PAIKEM Dalam Pembelajaran Pai Pada Ustadz/Ustadzah Yang Disertifikasi Pada Ponpes Rakha Amuntai Kabupaten Hsu. Jurnal Ta’lim Muta'allim, 3(5), 3. https://doi.org/10.18592/tm.v3i5.482
Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. (2012). Metode Pembelajaran Inquiry Dan Pengaruhnya. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 35–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i1.85
Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58
Solichin, M. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam. Tadris, 12(2), 214–231.
Somantri, A. (2017). Implementasi Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 125 Sebagai Metode Pendidikan Agama Islam (Studi Analisis al-Quran Surah An-Nahl Ayat 125). Wahana Karya Ilmiah, 2(01). https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1036
Surtikanti, H., Adisendjaya, Y. H., & Fitriyani, A. (2015). Pola/Cara Belajar Penerapan Metode Penemuan (Discovery And Inquiry) Pada Kegiatan Laboratorium Biokimia Di Jurusan Pendidikan Biologi. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 41. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v2i1.390
Wartini, A., Hadi al-asy’ari, M. K., & Multahada, A. (2017). Menggagas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry pada Pendidikan Anak Usia Dini. Intizar, 23(1), 151–164. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1614
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).