PEMANFAATAN SOFTWARE MATRIX LABORATORY (MATLAB) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KINEMATIKA

Authors

  • Siwi Puji Astuti Universitas Indraprasta PGRI
  • Alhidayatuddiniyah T.W. Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i2.2892

Keywords:

Kinematika, Matlab, Minat

Abstract

Abstrak: Ada beberapa program aplikasi komputer yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika, khususnya Kinematika. Salah satunya software matrix laboratory atau yang lebih dikenal dengan Matlab. Matlab adalah suatu software yang dapat membantu kita untuk melakukan perhitungan matematik, analisis data, mengembangkan algoritma, melakukan simulasi dan pemodelan, serta menyajikannya dalam bentuk grafis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar mahasiswa dengan menggunakan software Matlab. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa program studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Informatika semester 3 pada semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan perhitungan didapat skor sebesar 72,35 %, atau dapat dikatakan bahwa mahasiswa yang suka belajar fisika dengan Matlab sebanyak 49 mahasiswa dan hasil lain menunjukkan hasil 70 % yang artinya sebanyak 48 mahasiswa setuju dengan adanya penggunaan software Matlab membuat mahasiswa lebih memahami soal fisika.

Abstract: There are several computer application programs that can be used as a medium for learning physics, especially kinematics. One of them is the matrix laboratory software or better known as Matlab. Matlab is a software that can help us to perform mathematical calculations, data analysis, develop algorithms, perform simulations and modeling, and present them in graphical form. The purpose of this study was to determine student interest in learning by using Matlab software. The research was conducted on students of the Informatics study program, FTIK, Indraprasta PGRI University. The population of this study was the 3rd semester Informatics students in the odd semester of the 2019/2020 school year. Based on the calculation obtained a score of 72.35%, or it can be said that students who like to learn physics with Matlab are 49 students and other results show 70% results, which means that 48 students agree with the use of Matlab software to make students understand more about physics problems.

Author Biographies

Siwi Puji Astuti, Universitas Indraprasta PGRI

Prodi Informatika

Alhidayatuddiniyah T.W., Universitas Indraprasta PGRI

Prodi Informatika

References

Ahmad, B., Khadir, A., Nasir, M., Geoinformasi, D. F. K. D. S., Geoinformasi, F. K. D. S., & Setan, H. (n.d.). Browse by Type.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.

Hutahaean, R. Y. (2020). Modifikasi Perilaku Dinamik Struktur dengan Massa Terkonsentrasi. Rekayasa Mesin, 11(2), 199–211.

Karim, S., & Saepuzaman, D. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Fisika dalam Memahami Konsep Gerak Parabola. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 5, SNF2016-OER.

Kartika, H. (2014). Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Matlab sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1).

Mandailina, V., Saddam, S., Ibrahim, M., & Syaharuddin, S. (2019). UTAUT: Analysis of Usage Level of Android Applications as Learning Media in Indonesian Educational Institutions. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 2(3), 16–23.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta: Bandung.

Taopan, Y. F., Oedjoe, M. R., & Sogen, A. N. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Moral Remaja di SMA Negeri 3 Kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 61–74.

Yulianto, E., & Haryana, K. M. S. (2016). Simulasi Kinematika Interaktif (Studi Kasus: Balai Diklat Metrologi). Jurnal Computech & Bisnis, 10(1), 1–10.

Zetriuslita, Z., & Syafarudin, S. (2012). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X-4 SMAN 1 SIAK HULU.

Published

2020-09-12

Issue

Section

Articles