PENGEMBANGAN APLIKASI PERHITUNGAN INTEGRAL PADA MATERI KINEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i2.2907Keywords:
Aplikasi Integral, Kinematika, KalkulatorAbstract
Abstrak: Penelitian ini dirancang untuk pengembangan perhitungan integral menjadi sebuah produk aplikasi berbasis HTML. Sehingga dapat digunakan secara langsung untuk mendapatkan hasil perhitungan yang lebih akurat, cepat, dan mudah dalam menyelesaiakan persoalan integral pada materi kinematika. Bahasa pemrograman yang ditawarkan untuk merancang aplikasi ini adalah dengan HTML (Hypertet Markup Language) dan JavaScript. Aplikasi ini selanjutnya di ujikan ke ahli media dan uji pengguna, sehingga diperoleh hasil perhitungan diperoleh penilaian oleh validator pada aspek Functionality, Usability dan Efficiency masuk kedalam kriteria sangat bagus. Pada aspek Reliability termasuk dalam kategori baik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem aplikasi perhitungan integrasi numerik berbasis javascript dan HTML termasuk kedalam kategori sangat baik.
Abstract: This research is designed for the development of integral computation into an HTML-based application product. So that it can be used directly to get more accurate, fast, and easy calculation results in solving integral problems in kinematics material. The programming languages offered to design this application are HTML (Hypertet Markup Language) and JavaScript. This application is then tested on media experts and user tests, so that the calculation results obtained by the validator's assessment on the aspects of Functionality, Usability and Efficiency are included in very good criteria. In the aspect of Reliability, it is in the good category. So it can be concluded that the numerical integration calculation application system based on javascript and HTML is included in the very good category.References
Ardiyanto, D. (2012). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Dan Ketrampilan Komputasi Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Smp Negeri I Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012.
Arwadi, F. (2019). Peningkatan kompetensi mahasiswa dalam hal komputasi dengan menggunakan kalkulator. PROSIDING SEMINAR NASIONAL, 584–586.
Harahap, L. (n.d.). Sistem Informasi Berbasis Web Pada Kantor Bupati Padang Lawas Utara Dengan Menggunakan Php Dan MySQL.
Juwairiah, J. J., Sari, R. W., & Kaswidjanti, W. (2015). Aplikasi Pembelajaran Integral Berbasis Web. Telematika, 7(1). https://doi.org/10.31315/telematika.v7i1.413
Juwairiah, J., Retno, W. S., & Wilis, K. (2010). APLIKASI PEMBELAJARAN INTEGRAL BERBASIS WEB. Telematika.
Mariko, S., Sumarni, R. A., & Widyasari, H. (2012). Solusi Integrasi Numerik Secara Komputasi dengan Metode Trapezoid Menggunakan Pemrograman JavaScript. 85–88. https://doi.org/10.30998/psdpnf.v2i1.187
Misdalina, M., Zulkardi, Z., & Purwoko, P. (2013). Pengembangan Materi Integral Untuk Sekolah Menengah Atas (Sma) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–74. https://doi.org/10.22342/jpm.3.1.321.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Parwita, W. G. S., & Putri, L. A. A. R. (2012). Komponen penilaian kualitas perangkat lunak berdasarkan software quality models. Semantik, 2(1).
Prawita, Wayan Gede Suka dan Putri, L. A. A. R. (2012). Komponen Penilaian Kualitas Perangkat Lunak berdasarkan Software Quality Models. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012), 2012(Semantik), 89–94.
Supandi, S., Kusumaningsih, W., Ariyanto, L., Istikaanah, N., & Prayito, M. (2013). Komputasi Guru-guru SD Mata Pelajaran Matematika Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 80–87.
Suryana, T. (2017). Aplikasi Internet Menggunakan HTML , CSS , dan JavaScript ( Indonesian Edition). (April).
Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran ipa terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “konservasi†berpendekatan science-edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 140–145. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3113
Umbara, U. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika (Melaksanakan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tinjauan Psikologi). Deepublish.
Yasin, M. (2018). DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA LULUSAN IPA, IPS, DAN SMK DITINJAU DARI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. UIN Raden Intan Lampung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).