DESAIN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA PEDULI LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.8776Keywords:
Desain, Pembelajaran, Biologi, Alam, Budaya.Abstract
Abstrak: Untuk memahami materi Biologi tidak cukup dengan memahami materi secara teoritis saja, akan tetapi untuk memahami lebih jauh tentang ilmu Biologi haruslah diiringi dengan pemahaman yang didapatkan dari kegiatan praktik ataupun pengamatan objek secara lansung, karena sangat efektif dalam membantu pencapaian ranah pengetahuan secara keseluruhan yaitu menerapkan teori yang sudah dipelajari, merencanakan kegiatan secara mandiri (ranah afektif) dan menggunakan instrumen didalam kegiatan praktik (ranah psikomotor). Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana sebuah pembelajaran Biologi yang didesain berorientasi pada kegiatan jelajah alam sekitar sebagai sarana praktik dan sumber belajar dapat menumbuhkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungannya. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka dari berbagai sumber literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar dapat membantu memperkuat pemahaman peserta didik terhadap materi Biologi dan semakin menambah kepedulian peserta didik terhadap lingkungannya.
Abstract: To understand Biology material, it is not enough to understand the material theoretically, but to understand more about Biology it must be accompanied by understanding obtained from practical activities or direct observation of objects, because it is very effective in helping to achieve the overall realm of knowledge, namely applying theory. what has been learned, planning activities independently (affective domain) and using instruments in practical activities (psychomotor domain). This study aims to see how a biology lesson designed to be oriented towards exploring the surrounding nature as a practical means and learning resource can foster students' awareness of their environment. This research uses the library study method from various literature sources. The results showed that the use of the natural environment as a learning resource can help strengthen students' understanding of Biology material and increase students' awareness of their environment.
References
Alimah, S., & Susilo, H. (2013). Desain Pembelajaran Biologi dengan Model Experiential Jelajah Alam Sekitar melalui Lesson Study. Proceeding Biology Education Conference …. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/6312/5696
Daryanto. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Gava Media.
Eufrasia Jeramat, Emilianus Jehadus, H. M. (2019). Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Ipa Pada Siswa Smp. Journal of Komodo Science Education, 01(02), 10. https://www.researchgate.net/publication/335609121_PENANAMAN_SIKAP_PEDULI_LINGKUNGAN_DAN_TANGGUNG_JAWAB_MELALUI_PEMBELAJARAN_IPA_PADA_SISWA_SMP
Hariyanto, M. &. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosdakarya.
Jayawardana, H. B. ., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Biologi Di Era Pandemi Covid-19, 6(1), 58–66. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb/
Julianto, T., Husin, A., Pujiastuti, F., Andriani, Y., & Sulistyawati, I. (2018). Pengembangan Higher Orther Thinking Skills Siswa Menggunakan Desain Pembelajaran Kreatif-Produktif pada Pelajaran Biologi SMAKelas XI di Kabupaten Banyumas Development of Higher Order Thinking Skills Students Using Creative-Productive Learning Design in B. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 361–370.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Budaya Dan Karakter Bangsa. Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 332–337.
Marianti. (2006). Bunga Rampai Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS). Jurusan Biologi FMIPA UNNES.
Marianti, A., Christijanti, W., & Isnaeni, W. (2019). Pembelajaran Berbasis Projek dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Sebagai Model Perkuliahan Fisiologi Hewan. Journal of Biology Education, 1(2005), 105–112.
Muhammad, F. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Teras.
Mukrimaa, S. S. (2014). 53 Metode Belajar Pembelajaran. 212.
Mulyani, M., & Asmendri, M. (2021). Model ASSURE dan Media Infografis pada Desain Pembelajaran Sosiologi di Masa Pandemi Covid-19. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(8), 1189–1200. https://doi.org/10.47387/jira.v2i8.201
Putrawangsa, S. (2018). DESAIN PEMBELAJARAN Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. CV. Reka Karya Amerta.
Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada.
Sari Puspita. (2012). Pemanfaatan Kebun Sebagai Sumber Belajar Dengan Menerapkan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas). Journal of Biology Education, 1(2), 95–101.
Sari, Y. K., Mulyani, S., Susilowati, E., & Ridlo, S. (2013). Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching Pada Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Berbasis Karakter Dan Konservasi. Journal of Biology Education, 2(2), 166.
Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 83–94. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345
Susilo Heru. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Ipa Bervisi Konservasi Untuk Membentuk Sikap Peduli Lingkungan. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1065–1069. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/use
Widyaningrum, R. (2016). Pembentukankarakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Melalui Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 11(1), 108–115.
Zumroh, N., Rahayu, E. S., & Dewi, N. K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Window Shopping dan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Materi Ekosistem. Journal of Biology Education, 7(2), 221–225. https://doi.org/10.15294/jbe.v7i2.24269
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).