PENGARUH KOMPLEKSITAS TUGAS DAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KINERJA TUGAS GURU

Authors

  • Nelly Budiyarti Universitas Pamulang
  • Ilham Ilham Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Dewi Rani Gustiasatlri Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.9198

Keywords:

Kompleksitas tugas, Knowledge sharing, Kinerja tugas.

Abstract

Abstrak: Sejak diberlakukan kegiatan belajar mengajar jarak jauh, kompleksitas tugas guru semakin tinggi oleh karena adanya sikap ketidaksiapan guru dan kurang meleknya guru akan penggunaan teknologi berbasis informasi yang dapat menunjang efektif dan efisiennya kinerja guru. Selain kepada permasalahan kompleksitas tugas guru, kurang adanya kesadaran akan pentingnya perilaku knowledge sharing sebagai bentuk kerja sama antara guru menjadi penghambat bagi peningkatan kinerja tugas guru. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah kompleksitas tugas dan knowledge sharing berpengaruh terhadap kinerja tugas guru. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru MTs di Tegal Parang Jakarta Selatan yang dijaring dengan menggunakan kuesioner dan ketiga variabel tersebut diukur dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan  analisis statistik inferensial, yakni analisis korelasi ganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian ini adalah kompleksitas tugas berpengaruh positif terhadap kinerja tugas, knowledge sharing berpengaruh positif terhadap kinerja tugas, dan kompleksitas tugas dan knowledge sharing secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja tugas. Hasl penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi manajemen kerja untuk meningkatkan kinerja organisasi melalui peningkatan kinerja tugas, dan juga sebagai bahan referensi bagi penelitian selanjutnya. 

Abstract: Since the implementation of distance learning activities, the complexity of the teacher's task has increased due to the attitude of the teacher's unpreparedness and lack of literacy for the use of information-based technology that can support the effectiveness and efficiency of teacher performance. In addition to the problem of the complexity of the teacher's task, the lack of awareness of the importance of knowledge sharing behavior as a form of cooperation between teachers is an obstacle to improving teacher performance. This study aims to prove whether task complexity and knowledge sharing affect task performance. The targets in this study were MTs teachers in Tegal Parang, South Jakarta who were recruited using a questionnaire and the three variables were measured using a Likert scale. The data analysis technique used inferential statistical analysis, namely multiple correlation analysis and partial correlation. The results of this study are task complexity has a positive effect on task performance, knowledge sharing has a positive effect on task performance, and task complexity and knowledge sharing together have a positive effect on task performance. The results of this study are expected to be used as evaluation material for work management to improve organizational performance through increasing task performance, and also as reference material for further research.

Author Biography

Ilham Ilham, Universitas Muhammadiyah Mataram

English Department of Muhammadiyah University of Mataram

References

Adiputra, P. (2014). Budaya Tri Hita Karana Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kompleksitas Tugas terhadap Kinerja Internal Auditor (Studi pada Kantor Inspektorat Provinsi Bali). Jurnal Dinamika Akuntansi, 6(2).

Anggita, A., & Kawedar, W. (2017). Pengaruh Knowledge Sharing dan Faktor Demografi terhadap Kinerja Pegawai. Diponegoro Journal Oof Accounting, 6(3), 1–12.

Assegaf, S. (2017). Evaluasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Knowledge Sharing. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), 271–293.

Aulia, A. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Melalui Knowledge Sharing sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. Pelabuhan Indonesia III Tanjung Perak Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(3), 1–15.

Budiyarti, N., & Fikriyah, S. H. (2021). Pengaruh Pengawasan Dan Koordinasi Terhadap Efektivitas Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen), 1(2), 56–63. https://doi.org/10.31960/dikdasmen-v1i2-14000

Hidayati, Y., Made Putrawan, I., & Mukhtar, M. (2019). PENGARUH KEPRIBADIAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA TUGAS GURU SD SWASTA KECAMATAN KELAPA GADING JAKARTA UTARA 1). In Jurnal Visipena (Vol. 10, Issue 1).

Husny, M. M. (2021). Penerapan Model Workshop Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Menetapkan Ketuntasan Belajar Minimum (KBM) di SMP I Setu Bekasi. Jurnal Pedagogiana, 8(49), 2–12.

Kartowagiran, B. (2011). Kinerja Guru Profesonal (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 30(3), 463–473.

Mawardi. (2019). Rambu-Rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert Untuk Mengukur Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 293–304.

Pratama, S. (2019). Analisa Pengaruh Sumber Daya Manusia, Prasarana, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja (Studi pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan). Journal Management Tools, 11(1), 235–249.

Rizana, D. (2017). Pengaruh Perilaku Berbagi Pengetahuan, Persepsi Dukungan Organisasi, dan Person Job Fit terhadap Perilaku Inovatif. Majalah Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 44–58.

Rustiarini, N. W. (2013). Pengaruh Kompleksitas Tugas, Tekanan Waktu, dan Sifat Kepribadian pada Kinerja. Makara Human Behavior Studies in Asia, 17(2), 126. https://doi.org/10.7454/mssh.v17i2.2961

Salendu, A., & Maldini, M. F. (2021). Ketidakamanan pekerjaan dan kinerja tugas: Peran burnout sebagai mediator. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(2), 150–155. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i2.14485

Sarah, C. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Iklim Kerja terhadap Perilaku Knowledge Sharing di PT. T. Jurnal Diversita, 6(1), 48–62.

Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177.

Suliyanto. (2017). Metode Kuantitatif. Universitas Peradaban Bumi Ayu.

Widjaya, U. (2012). Aspek Feminitas, Tekanan Ketaatan, dan Kompleksitas Tugas dalam Pertimbangan Audit. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(2), 111–116.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles