PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i3.9788Keywords:
Explicit instruction, Media audio visual, hasil belajar kognitif.Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran explicit instruction berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA Guppi Samata. One group pretest-posttest adalah desain penelitian yang digunakan. Sebanyak 20 nomor instrumen tes hasil belajar kognitif. Soal terdiri dari kategori mengingat, memahami, menerapkan, dan menganalisis. Penelitian menggunakan analisis data deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis melalui uji paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Artinya terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran explicit instruction berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.References
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149
Atikah, R.-, Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Petik, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988
Budiyanti, R. T., Isyawati, R., Ganggi, P., & Herlambang, P. M. (2021). Penggunaan Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Ssej, 1(2), 42–48. http://dx.doi.org/10.20961/ssej.v1i2.49666
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574
Iqbal, M. (2013). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Di SMA An-Najah Rumpin-Bogor [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24688
Lestari, W. (2021). Problematika Penggunaan Aplikasi WhatsApp dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandmi Covid-19 [Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta]. http://repository.iiq.ac.id/bitstream/123456789/1357/3/17311800_Publik.pdf
Okvireslian, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Kepada Peserta Didik Paket B Uptd Spnf Skb Kota Cimahi. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(3), 131. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i3.7220
Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.
Rangkuti, R. U. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa Teknologi …. 3(1996), 888–893. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37336
Rosyida, S., Munzil , M., & Joharmawan, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Problem Posing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Larutan Penyangga. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(1), 41–52. https://doi.org/10.17977/um026v2i12017p041
Silma, E. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa IPS Kelas XI Pada Pelajaran Ekonomi (Akuntansi) Di SMAN 1 Langgam. Pekbis Jurnal, 9(1), 68–76. https://pekbis.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPEB/article/viewFile/4055/3933
Sumarni, W., Rahayu, K. P., & Soeprodjo. (2009). Efektivitas Penerapan Metode Kasus Menggunakan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 345–353.
Suprijono, A. (2017). Cooperative Learnig (Teori dan Aplikasi PAIKEM) (Revisi). Pustaka Pelajar.
Suroto. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan Trainer Plc Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(3), 316–323.
Tiro, Muhammad arif; Ahmar, ansari saleh. (2014). Penelitian Eksperimen : Merancang, melaksanakan, dan melaporkan. adira publisher.
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual (Regular). Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).