Analisis Hambatan Guru Sekolah Dasar dalam Melaksanakan Penilaian Portofolio di MI Plus Al-Istighostah
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.9868Keywords:
Analisis Hambatan, Penilaian Portofolio.Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis kendala guru dalam melaksanak penilaian portofolio. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek guru kelas 3 MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan yang dialami guru MI Plus Al-Istighotsah dalam melakukan implementasi penilaian portofolio yaitu siswa yang kurang memahami tugas yang diberikan, kekurangan waktu dalam melakukan penilaian, siswa yang mengumpulkan tugas namun tidak tepat waktu, indikator penilaian yang terlalu banyak indikator dalam penilaiannya. Namun dengan adanya kendala tersebut guru tetap berupaya melakukan evaluasi dan kembali menggunakan penilaian portofolio.
Abstract: This study aims to explain and analyze teacher constraints in carrying out portfolio assessment. This type of research uses descriptive qualitative research with the subject of class 3 MI Plus teacher Al-Istighotsah Tulungagung. Data collection techniques were carried out by interview, documentation, and observation. The results of this study indicate that the obstacles experienced by MI Plus Al-Istighotsah teachers in implementing portfolio assessment are students who do not understand the assignments given, lack of time in conducting assessments, students who collect assignments but are not on time, assessment indicators that have too many indicators in the assessment. However, with these obstacles, teachers still try to evaluate and return to using portfolio assessment.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Daulay, M. I., & Daulay, H. Y. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 272-281.
Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi Aksara.
Khoiriya, R. M., & Wardani, I. S. (2017). Asesmen Autentik Pada Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 155-174.
Kuntarto, E., & Gustina, R. (2019). Pelaksanaan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 190-200.
Magdalena, I., Banowati, A. M., Wahyuningsih, E. N., Safitri, R., & Fitri, A. (2020). Analisis Hambatan Penerapan Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 4 Tangerang. Jurnal Elementary, 3(1), 12-15.
Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158-6167.
Nisrina, N., Israwati, I., & Yusuf, M. N. (2018). Kendala guru dalam melaksanakan penilaian portofolio pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 69 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3).
Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1479-1491.
Ruslan, T. F., & Alawiyah, T. (2016). Kendala guru dalam menerapkan penilaian autentik di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 1(1), 147-157.
Sani, R. A. (2022). Penilaian autentik. Bumi Aksara.
Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100-110
Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100-110.
Sumardi, S. (2017). Pengembangan Model Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study di SMP. Jurnal VARIDIKA, 28(2), 170-175.
Wahananto, J., Lestari, D. E., & Luthfiyah, Z. (2019). Analisis Kesulitan Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Penilaian Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. CENDEKIA, 11(2), 145-153.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).