PERAN PONDOK PESANTREN BANI RANCANG DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER SANTRI DI ERA GLOBALISASI
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.9977Keywords:
Peran pondok pesantren, Nilai-nilai karakter, Era Globalisasi.Abstract
Abstrak: Pembentukan karakter adalah proses tanpa henti, yang harus terus-menerus dilakukan baik melaui Pendidikan internal maupun eksternal, maka dari itu tidak cukup di Lembaga formal saja tapi Lembaga non formal seperti pesantren juga mempunyai peran penting untuk ikut serta dalam pembentukan karakter anak. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui nilai-nilai karakter santri di pesantren Bani Rancang 2) Untuk menganalisis peran pondok pesantren Bani Rancang dalam menanamkan nilai-nilai karakter di era globalisasi. Lokasi penelitian ini berada di Pesantren Bani Rancang, Desa Lemah Kembar, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kulitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan simpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu, nilai-nilai karakter santri pesantren Bani Rancang yaitu, jujur, mandiri, tanggung jawab, religious, dan disiplin. Peran pondok pesantren dalam menanamkan nilai-nilai karakter di era globalisasi yaitu dengan cara berbagai rutinitas pesantren yaitu, kajian pesantren, aturan-aturan pesantren, dan sanksi/ta’ziran.
Abstract: character formation is a non-stop process, which must be carriedout continuously both throughinternal and external education, therefore it is not enough in formal institutions only but non-formal istitutions such as Islamic boardingschools also have an important role to participate in the formation of children’scharacter. The objectives of this study are 1) to determine the character values of the santri in the Bani Rancang Islamic Boarding School. 2) to analyse the roleof the Bani Rancang Islamic Boarding School, Lemah Kembar Village, Sumberasih, Probolinggo. The research method used by the researcher is a qualitative research method. Data collection techniques were carried out through in-depth interviews, observation, and documentation. The validity of the data used source triangulation and theory triangulation. Data analysis techniques used data collection, data reduction, data presentation, and conclusion or verivication. The results of this study are the character values of the Bani Rancang Islamic boarding school students, namely, honest, independent, responsible, religious and disciplined. The role of Islamic boarding schools In instilling character values in the era globalization is through various pesantren routines, namely, pesantren studies, pesantren rules, and sanctions/ta’ziran.Â
References
Bahrudin, B., & Zurohman, A. (2021). Dinamika kebudayaan Suku Baduy dalam Menghadapi Perkembangan Global di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.795
Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q., … Ùاطمی, Ø. (2015). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. Syria Studies, 7(1), 37–72. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Chandra, P. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Tradisi Pondok Pesantren. Nuansa, 12(2), 64–80. https://doi.org/10.29300/nuansa.v12i2.2760
Erwin Rifal Fauzi, N. W. (2018). Jurnal comm-edu. Penerapan Pendidikan Inklusif Pada Program Kesetaraan Di PKBM Srikandi, 1(2), 30–35. https://www.researchgate.net/publication/337106989_UPAYA_DOSEN_KEWIRAUSAHAAN_SEBAGAI_FAKTOR_DETERMINATIF_DALAM_MENUMBUHKAN_MOTIVASI_WIRAUSAHA_MAHASISWA_IKIP_SILIWANGI/link/5dc5698a4585151435f57d0f/download
Fuad, J. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Pesantren Tasawuf. Jurnal Pemikiran Keislaman, 23(1), 60–77. https://doi.org/10.33367/tribakti.v23i1.13
Jolasa, V. (2009). Pierre Bourdieu dan Pemikirannya tentang Habitus, Doxa dan Kekerasan Simbolik. Pierre Bourdieu Dan Pemikirannya Tentang Habitus, Doxa Dan Kekerasan Simbolik, 1–11.
Klimatologi, J. M., & Vol, G. (2015). Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.
Melmambessy, M. (2012). Analisis Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua. Media Riset Bisnis & Manajemen.
Mulvey, C. (1984). Wage Policy and Wage Determination in 1983. Journal of Industrial Relations, 26(1), 112–119. https://doi.org/10.1177/002218568402600108
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Nanang Krisdinanto. (2014). PIERRE BOURDIEU, SANG JURU DAMAI. 2(Vol 2 No 2 (2014): March).
Nofiaturrahmah, F., Program, M., Uin, D., & Kalijaga, S. (2014). 1313-Article Text-2553-1-10-20170209. XI(1), 201–216.
Paturohman, I. (2012). Peran Pendidikan Pondok Pesantren dalam Perbaikan Kondisi Keberagamaan di Lingkungannya (Studi Deskriptif pada Pondok Pesantren DÄr Al-Taubaħ, Bandung). Tarbawi, 1(1), 65–74.
Suhardi, D., Pembinaan, D., Ditjen, S., & Kemdikbud, D. (2012). Peran Smp Berbasis Pesantren Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Kepada Generasi Bangsa Boarding School-Based Smp Role As an Effort To Implement Character Education for Nation’S Successor. Pendidikan Karakter, 3(Pendidik. Karakter), 316–328.
Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.159
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).