Kampanye politik dimasa pandemi pasangan perseorangan pemenang Pilkada di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2020
Keywords:
Media, Kampanye, Pilkada, Covid-19, Pasangan perseoranganAbstract
Pilkada tahun 2020 untuk pertamakali nya dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19, hal ini juga berdampak kepada aktivitas kampanye sebagaimana diketahui pada masa pandemi semua aktivitas luar ruang dibatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kampanye seperti apa yang dilakukan pasangan perseorangan pemenang dan tim sukses pada Pilkada Rejang Lebong tahun 2020 dan faktor apa saja yang memenangkan pasangan yang mengikuti Pilkada melalui jalur perseorangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme, subjek penelitian merupakan pasangan perseorangan dan tim sukses. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kampanye yang dilakukan tidak berbeda jauh dengan Pilkada sebelumnya akan tetapi penggunaan media sosial menjadi sangat penting dalam kampanye yang dilakukan pada masa pandemi karena semua aktifitas dibatasi, maka dari itu media sosial memiliki peran penting pada masa kampanye serta ada enam faktor yang menjadi kunci pasangan perseorangan di Kabupaten Rejang Lebong dapat memenagkan Pilkada pada tahun 2020 antara lain Berdasarkan Etnopolitik, Dimensi partai politik, Faktor kekuatan jaringan, Aspek pada sistem pemerintahan, dan Pengumpulan syarat dukungan (KTP).References
Akbar, F. (2022). Social Media, Candidate Campaign And Quality Of Democracy: Overview Of The Attacking Campaign In Indonesian Elections. Jurnal Netralitas Dan Pemilu, 1, 25–39. https://doi.org/10.55108/JNP.v1i1.178
Arista Maya Dewanti Dan Maya Mustika Kartika Sariview Of Strategi Kampanye Politik Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Gresik Pada Pilkada 2020 Di Masa Pandemi Covid-19 (Unesa.Ac.Id). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan. Volume 9 Nomor 3 Tahun 2021, 704-718
Baccini, L., Brodeur, A., & Weymouth, S. (2021). The COVID-19 pandemic and the 2020 US presidential election. Journal of Population Economics, 34(2), 739–767. https://doi.org/10.1007/s00148-020-00820-3
Creswell, J. W. (2015). Qualitative research & design research. Pustaka Pelajar.
Cui, G., & Liu, Q. (2001). Executive insights: emerging market segments in a transitional economy: a study of urban consumers in China. Journal of International Marketing, 9 (1), 84 -106.
Dalrymple, D. J., & Parsons, L. J. (1976). Marketing management: text and cases.
Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Mahfud, C., Sinapoy, M. S., Djalante, S., Rafliana, I., Gunawan, L. A., Surtiari, G. A. K., & Warsilah, H. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 6. https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091
Dong, Y., Dong, Y., Mo, X., Hu, Y., Qi, X., Jiang, F., Jiang, Z., Jiang, Z., Tong, S., Tong, S., & Tong, S. (2020). Epidemiology of COVID-19 among children in China. In Pediatrics (Vol. 145, Issue 6). American Academy of Pediatrics. https://doi.org/10.1542/peds.2020-0702
Fatimah, S. (2018). Kampanye sebagai Komunikasi Politik: Esensi dan Strategi dalam Pemilu. 1(1).
Firmanzah. (2018). Marketing politik: Antara pemahaman dan realitas. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Gholal, O., Widiptya, P., & Pemerintahan, J. I. (1401). Analisis Kemenangan Calon Perseorangan Pasangan Abdul Hafidz ± Bayu Andriyanto dalam Pilkada Kabupaten Rembang Tahun 2015.
Kollat, D. T., Blackwell, R. D., & Robeson, J. F. (1972). Strategic marketing. Holt, Rinehart and Winston.
Kriyantono, R. (2006). Teknik praktis riset komunikasi. Kencana Prenada Media Group.
McQuail, D., & Windahl, S. (2015). Communication models for the study of mass communications. Routledge.
McQuail, D., & Windahl, S. (2015). Communication models for the study of mass communications. Routledge.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.
Moekahar, F., Ayuningtyas, F., & Hardianti, F. (2022). Social media political campaign model of local elections in Pelalawan Regency Riau. Jurnal Kajian Komunikasi, 10(2), 242. https://doi.org/10.24198/jkk.v10i2.41680
Mohammadi, S., Moradi, P., Mahdi Firouzabadi, S., & Jafari, G. (2022). The footprint of campaign strategies in Farsi Twitter: A case for 2021 Iranian presidential election. PLoS ONE, 17(7 July). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0270822
Niken Handayani, S., & Utomo, S. (n.d.). STRATEGI PEMENANGAN FAISAL-BIEM DALAM PEMILIKADA GUBERNUR PROVINSI DKI JAKARTA 2012. www.fisipundip.ac.id
Patton, M. Q. (2002). Qualitative research & evaluation methods. sage.
Pawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. LkiS.
Pertanyaan jawaban terkait COVID-19, HIV, antiretroviral di Indonesia (who.int)
Qurnia Indah Permata Sari Strategi Kampanye Dalam Jaringan Pasangan Calon Wali Kota Solo Di Masa Pandemi Covid-19 | Permata Sari | Jurnal Analisa Sosiologi (Uns.Ac.Id). Jurnal Analisa Sosiologi Januari 2021, 10 (Edisi Khusus Sosiologi Perkotaan): 19-40
Situasi COVID-19 di Indonesia (Update per 13 Februari 2023) | Covid19.go.id
Wu, Z., & McGoogan, J. M. (2020). Characteristics of and Important Lessons from the Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Outbreak in China: Summary of a Report of 72314 Cases from the Chinese Center for Disease Control and Prevention. In JAMA - Journal of the American Medical Association (Vol. 323, Issue 13, pp. 1239–1242). American Medical Association. https://doi.org/10.1001/jama.2020.2648
Yin, R. K. (2009). Case study research: Design and methods (Vol. 5). Sage.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.