Perubahan Daya Saing Rempah Indonesia di Pasar Asia Sebelum dan Sesudah Sustainable Development Goals (SDGs)
Keywords:
komoditas rempah, pembangunan berkelanjutan, RCAAbstract
Ekspor rempah Indonesia telah menyebar ke berbagai negara. Namun di tengah globalisasi perdagangan, daya saing rempah Indonesia berpotensi hilang padahal ekspor rempah tersebut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagai salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan daya saing rempah Indonesia di pasar Asia sesudah diberlakukannya agenda SDGs. Penelitian ini menggunakan data sekunder (2010-2021) dengan komoditas yaitu lada, vanilla, kayu manis, cengkeh, pala dan kapulaga, dan jahe. Analisis daya saing dilakukan dengan perhitungan indeks Revealed Comparative Advantage (RCA). Hasil penghitungan indeks RCA menunjukkan hanya komoditas cengkeh Indonesia yang tetap berdaya saing sebelum dan sesudah SDGs di pasar Asia, sementara kayu manis, vanilla, pala dan kapulaga, serta jahe tidak memiliki daya saing di beberapa negara tujuan baik sebelum ataupun sesudah SDGs. Komoditas lada yang awalnya memiliki daya saing di semua negara tujuan sebelum SDGs, mengalami kehilangan daya saing di pasar Thailand dan Malaysia sesudah adanya SDGs. Pasar Malaysia perlu menjadi perhatian pemerintah karena hampir seluruh komoditas rempah Indonesia mengalami penurunan daya saing sesudah adanya SDGsReferences
Amorita, C., & Daryanto, A. (2021). Competitiveness Analysis of Indonesian Pepper in International Market. International Journal of Research and Review, 8(5), 38–52.
Anggrasari, H., Perdana, P., & Mulyo, J. H. (2021). Keunggulan Komparatif Dan Kompetitif Rempah-Rempah Indonesia Di Pasar Internasional. Jurnal Agrica, 14(1), 9–19. https://doi.org/10.31289/agrica.v14i1.4396
Balqis, P., & Yanuar, R. (2021). Daya Saing Ekspor Lada Indonesia di Pasar Amerika dan Eropa. Forum Agribisnis, 11(2), 182–194.
Choerunnisa, R. A., Dewi, R. R., Bariklan, M., & Widodo, E. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Produksi Jahe Di Indonesia Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 5(2), 231–242.
Dhamira, A., & Yoga Prasada, I. (2021). Indonesian natural rubber export potential in European market. E3S Web of Conferences, 305, 02003. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202130502003
Hermawan, I. (2015). Daya Saing Rempah Indonesia Di Pasar Asean Periode Pra Dan Pasca Krisis Ekonomi Global. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 9(2), 153–178. https://doi.org/10.30908/bilp.v9i2.6
Hoang, M. L. (2021). Comparative advantage in Vietnam ’ s agricultural exports to Australia. International Journal of Education and Knowledge Management, 4(4), 1–10.
Kanaya, I. A., & Firdaus, M. (2014). Daya Saing dan Permintaan Ekspor Produk Biofarmaka Indonesia di Negara Tujuan Utama Periode 2003-2012. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 11(3), 183–198.
Maslova, V., Zaruk, N., Fuchs, C., & Avdeev, M. (2019). Competitiveness of agricultural products in the eurasian economic union. Agriculture (Switzerland), 9(3), 1–14. https://doi.org/10.3390/agriculture9030061
Nurdewi, N., Maskie, G., Multifiah, M., & Manzilati, A. (2020). Empowerment of Spice Farmers Community in Maluku Utara for Sustainable Agricultural Development. Economic and Regional Studies / Studia Ekonomiczne i Regionalne, 13(2), 245–249. https://doi.org/10.2478/ers-2020-0017
Nurhayati, E., Hartoyo, S., & Mulatsih, S. (2018). Analisis Pengembangan Ekspor Cengkeh Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 7(1), 21–42.
Nurjati, E. (2022). Analisis Daya Saing Ekspor Jahe Indonesia di Pasar Utama Internasional Periode Tahun 2008-2018. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(1), 276–292. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.01.27
Pratama, A. P., & Darwanto, D. H. (2019). The competitiveness of indonesian cloves commodity in international market The competitiveness of indonesian cloves commodity in international market. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. https://doi.org/10.1088/1755-1315/346/1/012067
Sa’diyah, P. F. I., & Darwanto, D. H. (2020). Indonesian cinnamon competitiveness and competitor countries in international market. Agraris, 6(2), 123–135. https://doi.org/10.18196/agr.6296
Setiawan, B., & Widiputera, F. (2020). Internalization Strategy of Conscious Awareness of Spices Lane as National Brand and National Pride of Indonesian Nation. Technium Social Sciences Journal, 7, 337–350.
Sulaiman, A., Ali, M. S. S., & Ahmad, A. (2020). Encouraging comparative advantages of export-oriented Indonesian agriculture products. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 575(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/575/1/012073
Tety, E., Kurnia, D., & Andriani, Y. (2022). Competitiveness analysis of Indonesian processes and non-processed agricultural commodities in the ASEAN Region. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 978(1), 0–9. https://doi.org/10.1088/1755-1315/978/1/012033
Trademap. (2022). List of importing markets for a product exported by Indonesia, Product: 09 Coffee, tea, maté and spices. https://www.trademap.org/Country_SelProductCountry_TS.aspx?nvpm=1%7C360%7C%7C%7C%7C09%7C%7C%7C2%7C1%7C1%7C2%7C2%7C1%7C2%7C1%7C1%7C1
Wardani, V. A. T., & Sunyigono, A. K. (2021). Daya Saing dan Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Lada Indonesia ke India. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(3), 655–666.
Zuhdi, F., Lola, R., & Maulana, A. S. (2020). Daya Saing Ekspor Rempah Indonesia Ke European Union-15. AGRIC: Jurnal Ilmu Pertanian, 15(21), 139–152.
Zuhdi, F., & Rambe, K. R. (2021). Daya Saing Ekspor Cengkeh Indonesia Di Pasar Global. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 17(2), 165. https://doi.org/10.20961/sepa.v17i2.43784
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.