Pendidikan Jasmani : Strategi Guru Profesional Dalam Pengelolaan Pembelajaran

Authors

  • Rizky Yoan Nugraha Universitas Majalengka
  • Didik Subhakti Prawira Raharja Universitas Majalengka
  • Ali Priyono Universitas Majalengka

Keywords:

Pendidikan Jasmani, Strategi Guru Profesional, Pengelolaan Pembelajaran,

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan suatu serangkaian rencana kegiatan yang termasuk didalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Strategi pembelajaran disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Strategi pembelajaran didalamnya mencakup pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran secara spesifik.Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui Bagaimana guru dalam mengelola pembelajaran Bagaimana peran fasilitas di sekolah yang mendukung berjalan nya proses pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, metode penelitian kualitatif ini digunakan karena beberapa pertimbangan, yaitu lebih bisa dan mudah menyelesaikan apabila berhadapan dengan kenyataan ganda, metode ini menyajikan hakikat hubungan antara peneliti dan responden secara langsung dan metode ini lebih peka sehingga dapat menyesuaikan diri dan penajaman pengaruh bersama terhadap pola-pola nilai yang dihadapi peneliti. Dalam penelitian kualitatif, peneliti menjadi instrument utama dalam menyimpulkan data yang dapat berhubungan langsung dengan instrumen atau objek penelitian. Pengelolaan/manajemen pembelajaran di kelas harus melaksanakan kegiatan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: 1) membuat perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) melaksanakan evaluasi, dan 4) melaksanakan tindak lanjut hasil evaluasi. Kelengkapan sarana dan prasarana akan membantu guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, dengan demikian sarana dan prasarana merupakan komponen penting yang dapat memengaruhi proses pembelajaran.

References

Christianingsih. (2007). Kajian Tentang Kesadaran Hukum Masyarakat (Studi Kasus dalam proses penyelesaian sertipikat ganda hak milik atas tanah 131 Angki Aulia Muhammad, 2013Kesadaran HukumMasyarakat Kampung Mahmud Untuk Memiliki Sertivikat Atas Hak Ulayat Universitas Pendidikan . Skripsi Sarjana pada Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS UPI. Bandung.

Dariyanto. (2010). Media Pembelajaran. Gava Media.

Deddy, M. (2010). No TitleMetodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B. (2010). Strategi BelajarMengajar. Asdi Mahasatya.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Rosdiani. (2013). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Alfabeta.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Grouf.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Grouf.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-04-15