Model Transformasi Digital UKM (Usaha Kecil Menengah) Menuju Mataram Smart City
Keywords:
E-commerce, Smart city, Smart UKM, TranformasiAbstract
UKM adalah usaha ekonomi produktif milik perorangan atau badan usaha yang terbagi bedasarkan kriteria aset dan omset. UKM di Kota Mataram banyak yang belum memanfaatkan dukungan Teknologi Informasi dalam menjalankan usahanya. Salah satu cara adalah dengan membuat suatu media untuk mempertemukan mereka dengan pembeli yang tepat, atau mendapatkan penjual bahan baku yang tepat serta model pembayaran yang tidak lagi dengan tunai. Transformasi UKM dalam menjadi smart UKM nantinya adalah bentuk program dalam mendukung Smart City Kota Mataram. Riset ini akan membuat model e-commerce pada UKM dan Software serta terimplementasinya model dan software tersebut pada UKM di kota Mataram. E-commerce dan UKM didesain menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) dengan memperhatikan masalah keamanan sistem, perancangan dari sisi diagram alur dan perancangan basis data. Smart UKM dapat lebih efektif dan efisien dengan didukung jejaring online yang menjangkau pemasaran secara global. Hasil dari riset ini menunjukkan bahwa produk teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan usaha kecil, baik dari sisi kepentingan pelaku usaha maupun pihak terkait dalam pemberdayaan usaha kecil, dalam bentuk portal Smart UKM (E-Commerce) yang dikelola oleh instansi pemerintah dan pihak asosiasi usaha kecil di wilayah kota Mataram dalam mendukung Mataram Smart City.References
Book
Kotler, P. (2000). Managing and Delivering Marketing Programs. Marketing Management: The Millennium Edition, 1–456. Prentice Hall Inc.
Tajuddin, M. (2015). Sistem Informasi Perguruan Tinggi Untuk Mencapai Good University Governance (Sebuah Pendekatan Teoritis Dan Penerapan), Yogyakarta: Deepublish.
Journal
Tajuddin, M., Manan, A., Adil, A., Anwar, M. T. (2019). Model Blue Print Smart City Pemerintah Daerah Berbasis Four Stage Method (FSM) yang Sustainable. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 9(1), 63. https://doi.org/10.21456/vol9iss1pp63-70
Brustbauer, J. (2016). Enterprise risk management in SMEs: Towards a structural model. International Small Business Journal: Researching Entrepreneurship, 34(1), 70–85. https://doi.org/10.1177/0266242614542853
Tajuddin, M., Manan, A., Adil, A. (2011), Studi Kasus Model Strategi Pemasaran Terintegrasi Berbasis Teknologi Informasi di Nusa Tenggara Barat, Jurnal Ilmiah KURSOR, Vol. 6 No. 2.
Canziani, B. F., & Welsh, D. H. B. (2016). Website quality for SME wineries: measurement insights. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 7(3), 266–280. https://doi.org/10.1108/JHTT-02-2016-0009
Diartono, D. A., Suhari, Y., & Supriyanto, A. (2015). Pengembangan Model CYBER CLUSTER E-COMMERCE Berbasis CMS dan SEO Produk UMKM. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 9(2), 145. https://doi.org/10.22146/ijccs.7543
Honata, M. S. (2017). Industri E-Commerce Dalam Menciptakan Pasar Yang Kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, I(1), 73–88.
Laksmi, K. W., Putu, G., & Permana, L. (2018). Pengunaan E-Money Dalam E-Commerce Sebagai Pedukung Less Cash Society. Jurnal Riset Akuntansi , 8(2), 18–23.
Tajuddin, M., & Manan, A. (2017). Model Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Online Dalam Mendukung Pariwisata. Jurnal Matrik, 17(1), 66. https://doi.org/10.30812/matrik.v17i1.62
Leiwakabessy, P., Lahallo, F.F. (2018), Pembiayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Sebagai Solusi Dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha Pada Umkm Kabupaten Sorong, J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community) vol. 1(1), 11–21.
Articles/Module
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2008).
Pemerintah Kota Mataram, (2016). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Mataram Tahun 2016-2021.
Proceedings / Seminar Articles
Fahdiansyah, R., & Anas, A. S. (2017). Teknologi Informasi sebagai Penunjang Perkembangan Sistem Informasi dalam Akuntansi. Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT), 5(November), 246–253.
Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi(Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 5(1), 345–352.
Utami, R. M., & Lantu, D. C. (2014). Development Competitiveness Model for Small-Medium Enterprises among the Creative Industry in Bandung. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 115(Iicies 2013), 305–323. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.438
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.