Analisis Kebutuhan Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Negeri SDN 064027 Karang Sari Medan Polonia
Keywords:
Hasil Belajar1, Pembelajaran Matematika Realistik2Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap model pembelajaran Realistik Mathematic Education (RME) atau yang juga dikenal dengan pembelajaran matematika realistik dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan siswa kelas V SD Negeri 064027 Karang Sari Kecamatan Medan Polonia sebagai partisipannya. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket studi pendahuluan, dan tes awal kemampuan matematis siswa untuk memperoleh wawasan. Dalam penelitian ini digunakan analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori tinggi memperoleh skor 22,5%, kategori sedang mencapai 33,75%, kategori rendah memperoleh skor 37,5%, dan kategori terendah mencapai 6,25%. Banyak siswa merasakan manfaat ketika pembelajaran matematika menggabungkan contoh-contoh dari kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil belajar tersebut mengindikasikan bahwa perlu adanya pendekatan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.References
Book
Gaol L, J. (2014). A to Z Human Capital : Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Grasindo.
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik Teori, Pengembangan, dan. Implementasinya. Raja Grafindo Persada.
Santrock, J. W. (2017). Educational Psychology (5th editio). Me Graw Hill.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Suharsaputra. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Refika Aditama.
Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Treffers, A. (1991). Realistic mathematics education in The Netherlands 1980-1990. Freudenthal Institut-Utrecht University.
Journal
Adesty, M., Nurhanurawati, & Widiyastuti. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Belief. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 2, 2. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/4309
Setianiet. (2015). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 87–92. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.87-92
Tarmizi, A., & Sulastri. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(October), 61–80.
Wahyuni, S., Aisyah, E. N., & Redjeki, E. S. (2020). Peningkatan kualitas layanan pos PAUD melalui penyusunan program penguatan pendidikan karakter berbasis masyarakat Improving the quality of pos PAUD services through the development of community-based character education program strengthening. 6(2), 180–190.
Yusmaniar, Y. (2017). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Operasi Hitung. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(1), 51–58. https://doi.org/10.29210/02017109
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.