Pengembangan Media Video Animasi Kartun Pada Tema 2 Subtema 1 Kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
Pengembangan, Video animasi kartun, Pembelajaran Tematik,Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada pembelajaran tematik tema 2 sub tema 1 pembelajaran 1 dan 2. Guru belum memiliki media pembelajaran yang tepat pada pembelajaran tematik ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE dengan 5 tahap yang terdiri dari (1) Analisis, (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Yang bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi kartun pada pembelajaran tematik. Hasil dari Penelitian ini berupa media video animasi kartun pada pembelajaran tematik khusus nya pada tema 2 subtema 1 kelas V Sekolah Dasar pembelajaran 1 dan 2. Hasil validasi juga dikumpulkan berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Pada aspek ahli materi memperoleh 90,20% dengan kategori sangat valid, aspek ahli desain memperoleh 80,30% dengan kategori cukup valid, dan aspek ahli bahasa memperoleh 98,10% dengan kategori sangat valid. Secara keseluruhan validitas media video animasi kartun pada pembelajaran tema 2 subtema 1 kelas V Sekolah Dasar ini memperoleh rata-rata 90% dengan kategori sangat valid. Media pembelajaran yang dikembang melalui video animasi kartun sangat efektif bagi siswa dalam pembelajan tematik di Sekolah Dasar.References
Kartowagiran, B., & Wuryanti, U. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1).
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1).
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4). https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377
Putri, A. W. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 2D Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD. Repository Universitas PGRI Yogyakarta.
Semara, T. A., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1). https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104
Wafiqni ; Nurani. (2018). Model Pembelajaran Tematik. Al Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islamah, 10(2).
Wahyuni, K. S., Kusdiana, A., & Pranata, O. H. (2020). Rancangan Multimedia Tari Kreasi Anak “Oray-orayan†Untuk Pembelajaran SBdP di Sekolah Dasar. Joged, 15(1). https://doi.org/10.24821/joged.v15i1.4661
Wibisono, H. A., Situmorang, R., & Solihatin, E. (2020). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI TUTORIAL UJIAN TANDA KECAKAPAN KHUSUS PRAMUKA SEKOLAH DASAR. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2). https://doi.org/10.21009/pip.342.7
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.