Problem Based Learning: Gambaran Umum tentang Proses dan Dampaknya terhadap Pembelajaran
Keywords:
problem based learning, dampak pada pembelajaran, sekolah dasar, keterampilan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini memberikan ulasan tentang proses Problem Based Learning (PBL) dan berbagai komponen berdampak pada pembelajaran dengan menggunakan studi literatur berbagai referensi artikel ilmiah terindeks DOAJ dan Google Scholar dalam sepuluh tahun terakhis serta buku referensi tentang PBL. Hasil yang didapat adalah beragam studi membandingkan keefektifan relatif PBL umumnya konsisten dalam menunjukkan keunggulannya dalam pengetahuan jangka panjang dan dalam penerapan pengetahuan sehingga meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian lain yang secara signifikan menunjukkan peningkatan prestasi, motivasi, dan aktivitas belajar. Proses PBL memiliki empat karakteristik (topik masalah, tutorial PBL, proses penemuan/proses PBL, dan belajar menyenangkan) dan tujuh tahapan proses PBL (membaca masalah, menentukan inti dari masalah, bertukar pikiran, berdiskusi dan sintesis, merumuskan tujuan pembelajaran, studi mandiri, dan debat akademik dan praktik klinis). Ulasan ini diharapkan dapat menjadi referensi tambahan bagi peneliti PBL selanjutnyaReferences
Apryani, Y., & Suyanto, S. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 11(1), 17–24. https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/article/view/342
Barret, T., & Moore, S. (2011). New Approaches Problem Based Learning: Revitalishing Your Practice in Higher Education.
Barrows, H. S. (1996). Problem-based learning in medicine and beyond: a brief overview. In New Direction for Teaching and Learning.
Dayu, D. P. K., Pratiwi, C. P., & Hakim, P. R. (2022). Problem-Based Learning Model to Increase Students’Critical Thinking. Jurnal Basicedu, 6(3), 4672–4678. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Dwipayani, N. K. N., Wulandari, I. G. A. A., & Semara Putra, D. B. K. N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Couple Card terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa Kelas IV. Fondatia, 7(1), 191–199. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3118
Hussain, A. A., Akhter, S., Qureshi, A. H., & Khan, K. (2021). Problem-Based Learning Approach for Elementary Schools: A case study of five Years Compulsory Education system. International Journal of Social Sciences and Economic Review, 3, 10–14. https://doi.org/10.36923/ijsser.v3i2.69
Jonassen, D. H. (2011). Learning to Solve Problems: A Handbook for Designing Problem-Solving Learning Environments. Routledge. https://www.pdfdrive.com/learning-to-solve-problems-a-handbook-for-designing-problem-solving-learning-environments-d161124804.html
Polat, H., & Özkaya, M. (2023). The Effect of Problem Posing-Based Active Learning Activities on Problem-Solving and Posing Performance: The case of Fractions. Journal of Pedagogical Research, 7(1), 67–81. https://doi.org/10.33902/jpr.202317880
Prastitasari, H., Fitria, M., Annisa, M., & Prihandoko, Y. (2022). Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 6 Desember 2022 Peningkatan Prestasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Pbl , Sr , Dan Qod Increasing Elementary School Students ’ Mathematics Achie. 11(December), 1792–1804.
Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9–20.
Schwartz, P., Webb, G., & Mennin, S. (2001). Problem-based Learning: Case Studies, Experience and Practice.
Setyawan, N. R., Wanabuliandari, S., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD dengan Menggunakan Model PBL Berbantu Media Papan Madu. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 260–270. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/3177/1668
Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, 2(2), 75–79. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.