Implementasi SDG’s Melalui Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker di SD
Keywords:
SDG’S, E-Modul, Kvisoft Flipbook MakerAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi tujuan SDG’s bagi dunia pendidikan. Implementasi SDG’s melalui pengebangan e-modul berbasis kvisoft flipbook maker di SD merupakan inovasi pemanfaat teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan pengembangan e-modul berbasis kvisoft flipbook maker di SD. Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode literatur riview. Pengumpulan data dilakukan dengan meriview artikel-artikel penelitian terkait yang terkait dengan pengembangan e-modul berbasis kvisoft flipbook maker di SD yang kemudian dianalisis dan disimpulkan sesuai dengan tujuan penelitian. Data diperoleh dari database Google Schoolar.  Berdasarkan penelitian menyatakan e-modul berbasis kvisoft flipbook maker merupakan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar. E-modul bebrbasis kvisoft flipbook maker dapatdibuka kapan dan dimana saja tanpa online internet, sehingga siswa dapat secara mandiri melakukan kegiatan belajar.
References
Agustin, D. (2020). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD/MI. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Anak Agung Meka Maharcika, Ni Ketut Suarni, & I Made Gunamantha. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas Iv Sd/Mi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165–174. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240
Fahrurrozi, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Universitas Hamzanwadi Press.
Fasha, W. A. (2022). Pengembangan Modul Interaktif Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Fitri, E. R., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan LKPD Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 281–291. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p281-291
Kelana, P. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Lekkas.
Kelas, D. I., Sdn, I. V, Utami, A., Santi, P., & Prasetya, G. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Flipbook Maker Pada Materi Gaya Dan Gerak. 9(2), 88–101.
Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. 1–57.
Muslim, A. Q., Suci, I. G. S., & Pratama, M. R. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Di Jepang, Finlandia, China Dan Indonesia Dalam Mendukung Sustainable Development Goals. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 170. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2827
Ningtyas, A. S., Triwahyuningtyas, D., & Rahayu, S. (2020). Pengembangan E-Modul Bangun Datar Sederhana Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Kvsoft Flipbook Maker Untuk Siswa Kelas III Ayu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Oktaviana, N., Nayazik, A., Arga, H., & Rani, D. (2019). Efektivitas Penerapan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Volume XX , Nomor XX , Maret 2018 motivasi guru dalam menerapkan media interaktif khususnya pada mata pelajaran matematika agar pembelajaran menjadi lebih efektif digunakan , sama halnya bagi siswa b. Joined Journal, 2.
Oktaviani, S., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Media Animation Game Geometry Smart Choice untuk Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2769–2775. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.970
Putri, E. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis kearifan Lokal Tradisi Betangas Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Putri, I. P., Yuniasih, N., Sakdiyah, S. H., & Malang, U. K. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Perjuangan Para Pahlawan di Kelas IV Sekolah Dasar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 523–530.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Sulistyowati, P., & Putri, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas IV Tema 3 Subtema 1. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 1. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p1-6
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.