UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DI KELAS IV SD NEGERI 106177 TUNGKUSAN
Keywords:
Hasil Belajar, Take and Give, MatematikaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD pada materi pokok bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki, dan 7 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Take and Give untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes essay. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukkan adanya peningkatan. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I yaitu 14 orang tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang, sedangkan ketuntasan hasil belajar pada Siklus II yaitu 16 orang yang tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 78% dan untuk Siklus II yaitu 89%. Hasil analisis data disimpulkan pelaksanaan pembelajaran siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Take and Give pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 106177 Tungkusan.
Â
References
Aqib, Z. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. CV Yrama Widya.
Arikunto Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Asep, Jihad. & Abdul, H. (2013). Evaluasi Pembelajaran.
Choimidi, S. (2018). Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. PT Grasindo.
Hartami, P. (2014). Lantanida Journal, Vol. 2 No. 2, 2014. 2(2), 170–184.
Harwidi, D. (2021). Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menentukan Nilai Limit Fungsi Aljabar pada Peserta Didik Kelas XII Tata Boga 4 SMK Negeri 2 Godean. In Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia (Vol. 1, Issue 2, pp. 229–244). https://doi.org/10.14421/njpi.2021.v1i2-2
Piet A. Sahertian. (2013). Supervise Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.
Rahmulyani, D. (2021). Psikologi Pendidikan. Unimed Press.
Septina, R. K. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Take and Give Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas 2 Sd N Demangan Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 7, 311–323. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/11970
Sudjana. (2016). Metode Statistika. PT Tarsito.
Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.