Pemikiran Rekonstruktif-Modern KH. Ahmad Dahlan Serta Pengaruhnya dalam Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Abstract
Abstrak
Â
KH. Ahamad Dahlan adalah diantara ulama Indonesia yang memiliki kontribusi besar dalam membangun peradaban bangsa. Pemikiran dan perjuangan dakwahnya diturunkan dalam Muhammadiyah. Pendidikan Islam dewasa ini dituntut untuk berkembang pesat agar mampu menjawab berbagai persoalan soisal-humaniora sebagai akibat dari derasnya arus perkembangan teknologi-informasi. Tradisi keilmuan yang telah dibangun oleh KH. Ahmad Dahlan harus mampu berdialog dengan perkembangan pendidikan modern agar dapat melahirkan berbagai rekomendasi alternatif kebaharuan dalam sistem pendidikan Islam. Artikel ini merupakan salah satu upaya penelitian kepustakaan (library research) untuk menggali pengaruh pemikiran KH. Ahmad Dahlan dan kolerasinya dengan pendidikan Agama Islam di Indonesia. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah berbagai refrensi terkait tradisi keillmuan dan pemikiran pendiri Muhammadiyah untuk kemudian dilakukan analisis konten sehingga menghasilkan temuan bahwa pemikiran dan corak keilmuan KH. Ahmad Dahlan bersifat rekonstruktif-modern yang melahirkan pemahaman Integratif-interkonektif dalam Sekolah dan lembaga pendidikan yang dibangun oleh Muhammadiyah dimana kemajuan pendidikan Islam tidak hanya terukur pada perkembangan ilmu-ilmu keIslaman namun lebih dari Itu Sains dan teknologi menjadi bagian tak terpisahkan dari Pendidikan Islam.
Kata kunci : Pendidikan; Islam; Muhammadiyah.
Abstract
KH. Ahamad Dahlan is one of the Indonesian ulama who has made a major contribution to building the nation's civilization. His thoughts and preaching struggles were revealed in Muhammadiyah. Islamic education today is required to develop rapidly in order to be able to answer various social-humanitarian problems as a result of the rapid flow of information-technology developments. The scientific tradition that has been built by KH. Ahmad Dahlan must be able to dialogue with the development of modern education in order to produce various recommendations for new alternatives in the Islamic education system. This article is one of the library research efforts to explore the influence of KH's thinking. Ahmad Dahlan and its correlation with Islamic religious education in Indonesia. The primary data source in this research is various references related to the scientific traditions and thoughts of the founder of Muhammadiyah and then content analysis was carried out to produce findings that the thoughts and scientific style of KH. Ahmad Dahlan is reconstructive-modern which gives birth to an integrative-interconnective understanding in schools and educational institutions built by Muhammadiyah where the progress of Islamic education is not only measured by the development of Islamic sciences but more than that, science and technology are an inseparable part of Islamic education.
Keywords: Education; Islam; MuhammadiyahReferences
Achmad, G. H. (2021). Refleksi Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam Kh. Ahmad Dahlan Terhadap Problematika Pendidikan Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4329–4339.
Daftar Inventarisasi Aset & Tanah Milik Persyarikatan Muhammadiyah—Majelis Wakaf dan Kehartabendaan | Muhammadiyah. (n.d.). Retrieved October 4, 2023, from http://wakaf.muhammadiyah.or.id/content-12-sdet-daftar-inventarisasi-aset-tanah-milik-persyarikatan-muhammadiyah-.html
H. Falahuddin, S.Ag., M.Ag. (n.d.). Kuliah KEMUHAMMADIYAHAN.
Kug, S. I. (n.d.). PEMIKIRAN AHMAD DAHLAN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM PADA MUHAMMADIYAH. Retrieved October 3, 2023, from https://scholar.archive.org/work/6bk4zhfd7zcujfrzlcdn6s5rou/access/wayback/http://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/download/6833/pdf
Muhammadiyah, P. P., & Mulkhan, A. M. (n.d.). Haedar Nashir, Manhaj Gerakan Muhammadiyah…, h. Xxi. Retrieved October 3, 2023, from https://core.ac.uk/download/pdf/162571568.pdf
Nurhayati, S., Idris, M., & Burga, M. A.-Q. (2019). Muhammadiyah dalam perspektif sejarah, organisasi, dan sistem nilai. TrustMedia Publishing. http://repository.iainpare.ac.id/535/1/Muhammadiyah.pdf
Patimah, P. (2019). Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan dan Implementasinya di SMP Muhammadiyah 33 Jakarta Barat [PhD Thesis, UIN SMH BANTEN]. http://repository.uinbanten.ac.id/4132/2/1-5%20Revisi%20BARU.pdf
Qodir, Z. (2019). Muhammadiyah Memperkuat Moderasi Islam Memutus Radikalisme. Jurnal Maarif, 14(2), Article 2.
Wardianto, B. S. (2020). Relevansi Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Terhadap Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0. Jurnal Penelitian Agama, 21(2), 281–290.