Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Ulil Albab Nw Gegek

Authors

  • Purnawarman Purnawarman Universitas Nahdlatul Wathan
  • Sukran Makmun Universitas Nahdlatul Wathan

DOI:

https://doi.org/10.31764/telaah.v7i2.10483

Keywords:

kooperatif, stad, teks negosiasi

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Ulil Albab NW Gegek. Pembelajaran menulis teks negosiasi masih dilaksanakan secara individual dan klasikal, sehingga membuat siswa kurang aktif dalam mengemukakan ide mereka ke dalam teks yang dibuat. Oleh karena itu peneliti mencoba mengajarkan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tujuan supaya siswa lebih aktif dalam belajar serta lebih efektif dalam menulis teks negosiasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMK Ulil Albab NW Gegek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen one gruop pre-test dan post-test. Jumlah populasi sebanyak 27 siswa. Selanjutnya kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penggunaan model pembelajaran  kooperatif tipe STAD lebih efektif dalam menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMK Ulil Albab NW Gegek.

Abstract. This research was conducted in class X SMK Ulil Albab NW Gegek. Learning to write negotiating texts is still carried out individually and classically, thus making students less active in expressing their ideas into the texts that they make. Therefore, the researcher tries to teach student to write negotiating texts with the STAD type cooperative learning model with the aim that students are more active in learning and more effective in writing negotiating texts. The purpose of this research  was to determine the effectiveness of the STAD type cooperative learning model in learning to write negotiating texts in class X SMK Ulil Albab NW Gegek. This research uses an experimental research type of one group pre-test and post-test. The total population is 27 students. Furthermore, the conclusion obtained from this study is that the use of the STAD type of cooperative learning model is more effective in writing negotiating texts for class X students of SMK Ulil Albab NW Gegek.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Istarani. 2012. Model Pembelajaran Inovativ. Medan. Media Persada.

Nuraini, Fatimah. 2013. Teks Negosiasi Sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Bahasa dan Karakter Siswa. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah FKIP Universita Muhammadiyah Surakarta.

Semi, Atar. 1996. Menulis Efektif. Padang. Agkasa Raya.

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung. Tarsito Bandung

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suau Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, edisi Jakarta. Kencana Prenad Media Group.

Wachidah, Siti. 2004. Pembelajaran Teks Negosiasi. Jakarta: Departemen Penddidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjut Pertama.

Downloads

Published

2022-08-13

Issue

Section

Articles