Kemampuan Menceritakan Berbagai Pengalaman dengan Pilihan Kata dan Ekspresi Yang Tepat pada Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v7i2.10745Keywords:
Kemampuan, menceritakan pengalamanAbstract
Abstrak: Penelitian ini berjudul “Kemampuan Menceritakan Berbagai Pengalaman dengan Pilihan Kata dan Ekspresi yang Tepatâ€. Rumusan masalah dalam penelitian berikut ini.“Bagaimanakah kemampuan menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat siswa kelas 5 SDN 1 Cakranegara tahun pelajaran 2021/2022.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan objektif tentang kemampuan siswa menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat siswa kelas 5 SDN 1 Cakranegara.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 1 Cakranegara tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 26 orang siswa. Dalam mengumpulkan data, metode yang digunakan adalah metode tugas dan metode observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kemampuan individual dan kelompok/kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 0% memiliki kemampuan tinggi memiliki kemampuan sedang 15,39%, dan 84,61% orang memiliki kemampuan rendah dari 26 orang siswa sebagai sampel. Rata-rata kelompok (M) dan indeks prestasi kelompok (IPK) sebesar 28,11. Jadi kemampuan menceritakan berbagai pengalaman pribadi dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat, siswa kelas 5 SDN 1 Cakranegara tahun pelajaran 2021/2022 dalam katagori rendah.
Â
Abstract: This research is entitled "The Ability to Tell Various Experiences with the Right Choice of Words and Expressions". The formulation of the problem in the following study." How is the ability to tell various experiences with the right choice of words and expressions of grade 5 students of SDN 1 Cakranegara for the 2021/2022 academic year.The purpose of this study is to get a clear and objective picture of students' ability to tell various experiences with the right choice of words and expressions of grade 5 students of SDN 1 Cakranegara.The method used in this study is a descriptive research method with a quantitative approach. The subjects in this study were grade 5 students of SDN 1 Cakranegara for the 2021/2022 academic year, totaling 26 students. In collecting data, the methods used are the task method and the observation method. The data analysis method used is a quantitative descriptive method to determine the abilities of individuals and groups / classes. The results of this study showed that 0% had high ability had medium ability 15.39%, and 84.61% of people had low ability from 26 students as a sample. The average group (M) and group achievement index (GPA) were 28.11. So the ability to tell various personal experiences with the right choice of words and expressions, grade 5 students of SDN 1 Cakranegara for the 2021/2022 academic year in the low category.
Â
References
Astriyanti, Kurnia Dian (2011), Peningkatan Kemampuan Menceritakan Isi Cerita dengan Membaca Komik. Skripsi
Bactiar. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdiknas
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2005. Metodik Khusus Pengembangan Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta
Irnawarida. 2014. Kemampuan Bercerita Menggunakan Media Gambar yang Bertemakan Lingkungan pada Siswa Kelas V SDN 2 Bengkel Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi
Purwadarminta. 1984. Kamus bahasa indonesia. Jakarta
Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Untari, Pradina Nur. 2014. Kemampuan Menceritakan Kembali isi Cerita pada Anak Kelompok A di Gugus 2 Kecamatan Keretek Bantul. Skripsi
Winata Putra, udin.S dkk. 2008. Materi dan pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.