Meningkatkan Kemampuanan Menulis Puisi Melalui Metode outbound pada Siswa Kelas IX SMPN 5 Praya Timur Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v5i1.1679Keywords:
Keterampilan Menulis Puisi, dan Metode OutboundAbstract
Abstrak: Sebagai upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IX SMPN 5 Praya Timur Lombok Tengah, maka salah satu pilihan tepat adalah dengan melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas melalui pemanfaatan keunggulan alam sebagai sumber belajar (outbond). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi melalui metode outbound pada siswa Kelas IX SMPN 5 Praya Timur Lombok Tengah. tahun pelajaran 2014-2015?. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui metode outbound pada siswa Kelas IX SMPN 5 Praya Timur Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakanKelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu, metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa, pada siklus satu diperoleh nilai rata-rata 62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,33%, mengalami peningkatan pada siklus dua diperoleh nilai rata-rata 77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%, sehingga terlihat bahwa presentasi ketuntasan belajar siswa pada siklus II sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan yakni ≥ 85%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outbound dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IX SMPN 5 Praya Timur Lombok Tengah.
Â
Abstract: As an effort to improve poetry writing skills in class IX SMPN 5 Praya Timur Central Lombok, then one of the right choices is to conduct learning activities outside the classroom through the utilization of natural excellence as a Learning resource ( Outbound). The problem formulation in this research is how the improvement of poetry writing skills through outbound method in students of class IX SMPN 5 Praya Timur Central Lombok. Lesson year 2014-2015?. The purpose of this research is to improve poetry writing skills through the outbound method in students of class IX SMPN 5 Praya East Lombok. The type of research used is Class Action Research (PTK). The methods of collecting data in this study include observation methods, test methods, and documentation methods. Based on the results of the study, it can be concluded that, on one cycle was obtained an average value of 62 with a classical-proof of 63.33%, increased in cycles of two achieved an average value of 77 with a classical lead of 90%, So it is seen that the presentation of learning to learn students in cycle II already meet the stipulated criteria of ≥ 85%, thereby concluded that the application of the outbound methods can improve poetry writing skills in class IX students SMPN 5 Praya Timur Central Lombok.
Â
References
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Asriani. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Metode Outbound pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Mataram Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Universitas Mataram: FBS UNM.
Bartholomeus. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Puisi dengan Memanfaatkan Alam Sekitar pada Siswa Kelas VII.. Skripsi. FIP UNM.
Djamarah, dan Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajridan Senja, R. A. 2009. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Difa Publisher.
Haryadi dan Zamani. 1996. Peningkatan Ketrampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Hikmawati. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Model Outbound Siswa Kelas IX SMP SMPN 1 Sape. UNM: FBS UNM.
Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada
Muchlisah. 1992. Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Munandar, S. C. 1993. Upaya Peningkatan Kehidupan Sastra di Indonesia, Tinjauan Psikologis. Warta Hiski Nomor 9/10 Desember.
Nensianti. 2003. Teori Sastra: Himpunan Teori Dasar. Makassar: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNM.
Nurgiantoro, B. 1997. Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Poerwadarminta, W.J.S. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rayaenam. 2012. Sekilas Tentang Outbound Management Training. Posted on November 2012.
Roestiyah, N. K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadikin, M. 2010. Kumpulan Sastra Indonesia. Jakarta: Gudang Ilmu.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.P