Analisis Teks Iklan Rokok A Mild : Kajian Semiologi Roland Barthes
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v8i2.17195Keywords:
Penanda (signifier), petanda (signified), mitos, Roland BarthesAbstract
Â
Abstrak: Peneltian ini bertujuan untuk: 1) menemukan penanda (signifier) dan petanda (signified) yang terdapat pada iklan rokok A Mild. 2) Memahami makna simbol iklan rokok  A Mild menurut kajian semiologi Roland Barthes. Data dalam penelitian ini adalah teks iklan rokok A Mild. Metode pengumpulan data yang digunakakan adalah studi pustaka kemudian dianalisis secara deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat penanda (signifier),  petanda (signified) dan Mitos dalam Iklan Rokok A Mild yang digambarkan melalui konsep-konsep tentang gaya, kesenangan, dan percaya diri. Di dalam tataran mitos, yakni sistem semiologis lapis kedua, penanda berupa “gaya†ini merujuk pada petanda berupa aktualisasi diri: kesenangan, kenikmatan, percaya diri, dan keberanian. Dalam tataran inilah kemudian peneliti melihat bahwa konsep aktualisasi diri berupa: kesenangan, kenikmatan, percaya diri, dan keberanian menjadi mitos dari kenyataan hidup. Analogi inilah yang ditemukan peneliti hadir dalam iklan rokok A Mild berdasarkan kajian semiologi Roland Barthes
Abstract: This research aims to: 1) find signifiers and signifiers contained in A Mild cigarette advertisements. 2) Understand the meaning of the A Mild cigarette advertising symbol according to Roland Barthes' semiological studies. The data in this study is the text of A Mild cigarette advertisements. The data collection method used is a literature study and then analyzed descriptively. The results showed that there are signifiers, signifieds and myths in A Mild cigarette advertisements that are described through concepts about style, fun, and confidence. In the mythical level, the second-layer semiological system, these markers of "style" refer to signs of self-actualization: pleasure, enjoyment, confidence, and courage. It is at this level that researchers then see that the concept of self-actualization in the form of: pleasure, enjoyment, confidence, and courage becomes a myth of the reality of life. This analogy is what researchers found present in the A Mild cigarette advertisement based on Roland Barthes' semiological studies
                  Â
References
Aminuddin,dkk.2002.Analisis Wacana Dari Linguistic Sampai Dekonstruksi.Yogyakarta: Kanal
Aprilia, Ratna. 2015. Iklan dan Budaya Popular: Pembentukan Identitas Idiologis Kecantikan Perempuan Oleh Iklan (Analisis Semiotika Iklan Cetak WRP Body Shape & Prolene. Yogyakarta: Jurnal Ilmu Komunikasi.
Ar, Syamsudin.2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Bawanti, Luh Krisya dkk. 2013. Analisis Penggunaan Bahasa Dalam Iklan Rokok Sampoerna A-MILD. Ganesha: Universitas Pendidikan Ganesha Shingaraja.
Berger, Arthur Asa. 2000. Tanda-Tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer (terj). Tiara Wacana:Jogjakarta.
Budiman, Kris. 2002. Analisis Wacana Dari Linguistik Sampai Dekonstruksi.Yogyakarta: Kanal.
Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas. Jalasutra:Yogyakarta.
Darma, Yoce Aliah. 2009. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Cv.Yrama Widya Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.
Fananie, Zainuddin. 2002. Telaah Sastra. Surakarta:Muhammadiyah Univesity Press
Faruk. 2007. Belenggu Pasca-Kolonial; Hegemoni Dan Resistensi Dalam Sastra Indonesia: Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Hamidah, Lilik. 2011.Penelitian. Analisis Simbol Iklan Rokok Dji Sam Soe Gold Edisi Halus dan Mantap (Kajian Analisis Semiotik Pendekatan Roland Barthes). Yogyakarta: Jurnal Ilmu Komunikasi.
Hardiman, Fransisco Budi. 2004. Keritik Idoliogi Menyingkap Kepentingan Pengetahuan Bersama Jurgen Hebermas. Yogyakarta: Buku Baik Yogyakarta
Hartoko, Dick dan B Harmanto.1986.Pemandu Di Dunia Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Lelland, David Mc. 2005. Ideologi Tanpa Akhir. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Piliang, Yasraf Amir. 2003 . Hipersemiotika; Tafsir Kultural Studies Atas matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra
Prasetyaningtiyas, Ayu. 2014. Analisis Semiotika dan Wacana Pada Iklan Rokok LA Lights. Yogyakarta. Skriptorium.