Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kreativitas Belajar Siswa

Authors

  • Alihardi Winata Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Indah Ratna Sari Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Deviana Mayasari Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sirajudin Sirajudin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Roby Mandalika Waluyan Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/telaah.v8i2.17199

Keywords:

Discovery Learning dan Kreativitas Belajar Siswa

Abstract

 

 Abstrak: Pendidikan memiliki peran dalam menetukan kemajuan bangsa. Melalui pendidikan seseorang dapat megubah pola pikirnya. Pendidikan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh kesempatan, harapan dan pengetahuan untuk mencapai hidup yang lebih baik lagi. Pendidikan dapat menjadi kekuatan untuk melakukan perubahan menuju kondisi yang lebih baik. pendidikan baik, bisa dilihat dari segi kurikulum, metode, model pembelajaran serta teori bersifat dinamis yang sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan situasi dan kondisi. Hasil penelitian menemukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 1 Kopang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021, Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai ttest yang diperoleh dalam penelitian ini adalah lebih besar dari pada nilai t tabel,maka dapat dikemukakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA N 1 Kopang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021

Abstract: Education has a role in determining the progress of the nation. Through education a person can change his mindset. Education provides opportunities for students to gain opportunities, hopes and knowledge to achieve a better life. Education can be a force to make changes towards better conditions. Good education, can be seen in terms of curriculum, methods, learning models and theories are dynamic which at any time can change according to situations and conditions. The results found that there is an influence of the Discovery Learning learning model on student learning creativity in PPKn subjects in grade X of SMA Negeri 1 Kopang Central Lombok for the 2020/2021 academic year, This fact shows that the ttest value obtained in this study is greater than the table t value, so it can be stated that there is an influence of the Discovery Learning learning model on student learning creativity in PPKn subjects in grade X SMA N 1 Kopang Central Lombok for the 2020/2021 academic year

 

 

 

                   

References

A.Ubaedillah dan Abdul Rojak. 2011. pendidikan kewarganegaranan (demokrasi, Hak asasi manusia dan Masyarakat Madani, Edisi Ketiga). Jakarta,oleh ICCEUIN Syarif Hidayahtullah. Jakarta bekerjasama dengan penerbit prenada Media Group, Cetakan ke-7.

Arikunto Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Ayu Ariska. 2016. Pengaruh model pembelajaran discovery learning ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa kelas VII Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas PGRI Yogyakarta.

Budimansyah Dan Kumalasari.2008. Pendidikan Kesadaran Kewarganegaraan Multidimensional. Bandung: Genesindo.

Cholisin, 2014.Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogyakarta: Ombak

Cholisin. 2000. IKN-PKN. Jakarta: Universitas Terbuka

Djamari Mardhapi. 2008. teknik penyusunan instrument tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Donni, Juni priansa.2017. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Dsk. Pt. Rimang Narayani, Dkk. Analisis Proses Pembelajaran Matematika Menurut Pendekatan Saintifik Dan Dampaknya Hasil Belajar Siswa Kelas 5. Dalam E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Gonesha Jurusan PGSD VOLUME 3 No. 1, Tahun 2015

Furqon. 2011. Statistik Terapan Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Ilahi. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Yogyakarta: DIVA Prees.

Ismadi. 2008. model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis pendekatan multicultural dalam pembentukan karakter bangsa. jurnal pendidikan kewarganegaraan. Bandung: Lab. PKn FPIPS-UPI

Kansil. 2011. Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Jakrta: PT RINEKA CIPTA:

Kosim R. Model Pembelajaran Discovery learning.Dalam E-Jural FKIP Universitas Pasudan.Tahun 2017

Lukman Surya Saputra, Aa Nurdiaman, dan Salikun.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. viii, 256 hlm. : ilus. ; 25 cm.

Margono S. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta.

Munandar, Utami. 2006. kreativitas dan keberbakatan, strategi mewujudkan kreativitas dan bakat. Jakarta: Gramedia.

Nasution. 2018. Membina Kreativitas Siswa Dalam Belajar. Jakarta: Balaipustaka.

Prewitt Dan Dawson, Dan Aziz Dalam Cholisin. 2015. Pengembangan Paradikma Baru Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Dalam Praktik Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi

Prihasa Doni J. 2017. pengembangan strategi dan model pembelajaran inovetif, kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik. Bandung: PT Pustaka Setia.

Pusat Kurikulum. 2003.undang-undang system pendidikan nasional. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional

Ridwan dan Sunarto, pengatar statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

a. Rosyada (dalam Taniredja, 2015:3):

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Keearganegaraan SD Depdiknas. Jakarta.

Saputra dan Salikum. 2016. pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Jakarta: kementrian pendidikan dan kewarganegaraan.

Slameto, 2018.Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Memepengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

sudjana. 2005. metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2019. Metode Penelititian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Suherman, dkk. 2001. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung JICA.

Sumanto. 2014.statistika terapan. Yogyakarta: Center of academic publishing servie.

Sumber:https://www.slideshare.net/khaerulbusur/angket-kreativitas-belajar /2015/24

Sundara, Komang. 2010. Diktat kuliah metode penelitian. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Surya L.saputra, Nurdiaman dan Salikun. 2017. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Surya, Muhamad. 2003. Kapita selekta kependidikan SD. Jakarta: UT

Surya, Muhammad. 2003. Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: UT.

Suryadi dan Somardi.2000. Prespektif pemikiran pakar tentang pendidikan kewarganegaraan dalam pembangunan karakter bangsa . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. program studi pendidikan kewarganegaraan. sekolah pasca serjana. UPI.Volume 1.no 2.

Suryono dan Hariyanto. 2016. belajar dan pembelajaran teori dan konsep dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syarafiah (2018).pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap belajar menulis kretaif cerita fantasi kelas VII

Downloads

Published

2023-08-13

Issue

Section

Articles